Upaya dalam peningkatan Diplomasi Ekonomi Indonesia -Afghan

By Abdi Satria


nusakini.com-Kabul-Fungsi Ekonomi KBRI Kabul  pekan lalu menghadiri pertemuan dengan para pengusaha Afghanistan yang tergabung dalam German - Afghanistan Chamber of Commerce yang diketuai oleh Mr. Jalaluddin Saeed (Chairman of Kanda Group) yang juga menjabat sebagai Anggota High Economic Council, Government of Afghanistan.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pengusaha terkemuka Afghanistan seperti Mr. M. Ismail Ghazanfar (CEO Ghazanfar Group), Mr. Najmuddin Sayas (President, Sayas Group), Mr. Hojat Fazly (CEO, Afghanistan International Chamber of Commerce), beberapa pengusaha terkemuka dari Kandahar, Duta Besar Noor Mohammad Qarqin (mantan Duta Besar Afghanistan untuk Kyrgiztan), dan Mr. Pashtoon Atif (Country Director, GoodWeave). 

Pertemuan membahas peningkatan jejaring kerja sama ekonomi - perdagangan antar pengusaha kedua negara yang semakin erat semenjak kunjungan Presiden Ashraf Ghani ke Indonesia pada tahun 2017 dan kunjungan balasan Presiden Joko Widodo pada tahun 2018, serta kunjungan KADIN Indonesia ke Kabul pada tahun 2019. 

Pertemuan juga membahas rencana pembentukan Task Force peningkatan kerja sama perdagangan RI - Afghanistan. 

Mr. Jalaluddin Saeed sangat mengapresiasi Indonesia sebagai negara mayoritas muslim yang patut diteladani dan mengharapkan agar semakin banyak generasi muda Afghanistan dapat meneruskan pendidikan tinggi di Indonesia sekaligus makin mempererat hubungan kedua negara.(p/ab)