Diikuti 2000 Tim, Siswa MAN 2 Kota Malang Juara 1 Olimpiade Farmasi

By Abdi Satria


nusakini.com-Malang - Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan Kompetisi Farmasi Seluruh Indonesia (KOFEIN) 2020. Salah satu cabang lombanya adalah Olimpiade Farmasi (OLFA) bagi siswa SMA/SMK di seluruh Indonesia. 

Kompetisi yang diadakan pada 12, 17, dan 18 Januari 2020 di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Kampus C Surabaya ini diikuti sekitar 2000 tim dari seluruh indonesia. Ikut serta dalam kompetisi ini, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. 

“Alhamdulillah, siswa MAN 2 Kota Malang berhasil merebut Juara 1 dan juara 3 OLFAR 2020,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah di Malang, Senin (20/01). 

Dijelaskan Binti Maqsudah, OLFAR adalah bagian dari KOFEIN yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di awal tahun sebagai bagian dari program kerja Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi UNAIR. Ajang ini bertujuan memperkenalkan apa itu farmasi kepada para siswa SMA agar mereka mendapat pencerahan saat akan memilih jurusan kuliah. 

Menurut Binti Maqsudah, MAN 2 Kota Malang mengirim tiga tim dalam ajang ini. Tim A beranggotakan, Umar Fakhrurazi (XII IPA 7), M. Gary Irhami Azka E. (XII IPA 5), dan Alin Adzkanuha (XII IPA 2). Anggota tim B terdiri atas: Dzumirrotunnisa Retsa R (XII IPA 6), M. Irsyad Ramadhan (XII IPA 6), dan M. Anin Nabail A (XI IPA 8). Sedangkan tim C diketuai oleh Habib Luthfi. 

Kompetisi dimulai pada 12 Januari 2020 dengan tahapan seleksi yang berlangsung di 18 rayon yang berbeda-beda. Dari tahap seleksi tersebut, terjaring 40 Tim terbaik yang lolos ke babak perempat final yang diadakan pada 17 Januari 2020. “Tiga tim MAN 2 Kota Malang lolos ke Babak Perempat Final,” ujar Binti Maqsudah. 

Pada perempat final, diadakan rally games untuk dijaring 15 tim terbaik yang masuk ke babak semifinal. Di tahap ini, hanya dua tim MAN 2 Kota Malang yang lolos, yaitu: Tim A dan Tim B. Babak semifinal diadakan pada 18 Januari 2020. Peserta diminta mengerjakan essay. 

“Dua tim MAN 2 Kota Malang berhasil lolos ke babak final. Keduanya menjadi bagian dari lima tim terbaik,” jelasnya.  

“Babak final dilakukan dengan kuis cerdas cermat dan praktikum. Tim A MAN 2 Kota Malang berhasil merebut Juara 1, dan tim B berhasil mendapat juara 3,” tandasnya.(p/ab)