Menag Apresiasi Bupati Jayapura Jaga Kerukunan

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi Bupati Jayapura Mathius Awoitau yang telah menjaga kerukunan di wilayahnya.  

"Terimakasih karena selama ini saya dengar Pak Bupati telah memberi contoh baik bagi masyarakat. Sehingga meskipun beragam, masyarakatnya dapat hidup berdampingan dengan damai," ujar Menag saat bertemu Bupati Jayapura di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng, Rabu (12/02).  

Kerukunan bukanlah hal yang mustahil untuk terjadi dalam masyarakat Indonesia yang beragam. Namun, untuk mencapai kerukunan di suatu daerah, menurut Menteri Agama Fachrul Razi diperlukan keteladanan dari pemimpin.  

"Kerukunan itu bisa terjadi kalau ada teladan. Kalau pemimpinnya memberikan teladan untuk saling menghormati golongan satu dengan lainnya, pasti akan rukun," tutur Menag  

Sementara Bupati Mathius menyampaikan saat ini di wilayahnya sedang dibangun tiga rumah ibadah berdampingan. "Ini posisinya dekat dengan bandara Sentani. Ada masjid besar yang kita bangun, kemudian di seberangnya ada gereja katolik, dan di sampingnya ada gereja protestan," jelasnya.  

Bupati berharap ketiga rumah ibadah tersebut dapat segera selesai dibangun dan kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Kami berharap rumah-rumah ibadah ini dapat selesai tepat waktu. Karena pada tahun ini, kami (Jayapura) akan menjadi tuan rumah PON," ujarnya. (p/ab)