Perkemahan Wirakarya Nasional PTKI XV Digelar Oktober di UIN Palembang

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam akan kembali menggelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) Tingkat Nasional. Ajang kali ke-15 ini akan digelar Oktober di UIN Raden Fatah Palembang. 

Rencana ini disepakati dalam Focus Group Discussion (FGD) Forum Warek/Waket Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, pada 22-24 Januari 2020, di Palembang. 

Direktur Diktis Arskal Salim GP meminta PW PTK Tingkat Nasional digelar dalam nuansa berbeda dan penuh inovasi. Terkait kepesertaan misalnya, Arskal minta agar PW PTK tidak hanya diikuti kalangan pramuka Pendidikan Tinggi Keagamaan di Indonesia saja, tetapi juga dari luar negeri, setidaknya negara ASEAN.  

Ini dimungkinkan, mengingat Palembang pernah menyelenggarakan ASEAN Games. "PTKIN juga telah melakukan program student mobility program (SMP) ke Singapura, Thailand dan Malaysia," ujar Guru Besar UIN Jakarta ini.

Rektor UIN Palembang M. Sirozi mengungkapkan kegembiraannya lantaran perguruan tinggi yang dipimpinnya, dipercaya oleh Kemenag sebagai tuan rumah PW PTK. "Kami sangat berbahagia atas amanah menjadi tuan rumah PW PTK 2020 yang akan dihadiri Pramuka tingkat ASEAN,” ujar Sirozi, Sabtu (25/1).

Ia menjelaskan, kegiatan PW PTK ke-15 akan bertempat di Kampus C UIN di kawasan Payakabung Ogan Ilir dengan lahan seluas 108 hektar. “Kita sudah plot 10 Ha untuk lokasi PW dan jarak tempuh dari Bandara ke lokasi perkemahan hanya 30 menit,” jelasnya.  

Warek III UIN Rafa Palembang Rina Antasari berharap dukungan dari pelbagai pihak, utamanya Wakil Rektor/Wakil Ketua PTKIN se-Indonesia. Sebab, menjadi tuan rumah even yang akan melibatkan kurang lebih 4.000 pramuka tingkat nasional tidak mudah.  

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ruchman Basori menambahkan berdasarkan kesepakatan forum, PW PTK Tingkat Nasional akan digelar 5-10 Oktober 2020 di Bumi Perkemahan Kampus C UIN Raden Fatah Palembang. 

Ruchman berharap PW PTK Nasional akan memperkuat semangat kebangsaan dan moderasi beragama di tengah tantangan gerakan trans nasional. “Pramuka menjadi pintu masuk desiminasi nilai-nilai kebangsaan dikalangan mahasiswa PTKI,” katanya.  

Selain membahas rencana PW PTK FGD Bidang Kemahasiswaan, FGD juga membahas evaluasi program-program kemahasiswaan tahun 2019 dan implementasi program 2020, serta Implementasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan dilaksanakan mulai tahun 2020.  

Arskal mengapresiasi kegiatan bidang kemahasiswaan, yang dinilianya sangat sukses, dindikasikan dengan program-program besar yang telah dilaksanakan, diantaranya Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) di UIN Malang, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) PTKI dengan memperkuat moderasi beragama dan Student Mobility Program. (p/ab)