Siswa MTsN 1 Kota Malang Juara Southeast Asean Mathematical Olympiad

By Abdi Satria


nusakini.com-Malang -Siswa madrasah kembali harumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Malang unjuk prestasi internasional pada ajang Southeast Asean Mathematical Olympiad (SEAMO) Australia. 

Satu medali perak dan perunggu dibawa pulang ke Tanah Air dalam lomba yang berlangsung di Gold Coast, 17-20 Januari 2020. Aura Nouvabriano Ahmad (kelas VIII) meraih medali perak, dan Alfarizky Harya Putra (kelas VII) meraih medali perunggu. Untuk menjadi juara, putri dari Ony Akhmad Khoidhori dan putra dari Suharyadi ini harus berkompetisi dengan 411 siswa dari 18 negara. Selain peserta dari Indonesia, ada juga dari Myanmar, Malaysia, Filipina, Uzbekistan, Thailand, Singapura, Vietnam, Srilanka, USA, India, Mongolia, Australia, dan Kamboja.  

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, mengatakan, Aura dan Faris mengikuti kompetisi SEAMO X pada level Paper D untuk kelas VII dan VIII. Tingkat kesulitan soal dari SEAMO X lumayan tinggi. Sebab, silabus dan kerangka penilaian SEAMO X dibuat oleh Terry Chew Institute of Mathematical Olympiads berdasarkan kurikulum beberapa negara, seperti Singapura, USA, dan Rusia.  

“Bentuk soal SEAMO X berupa 15 soal essay dan materi soal membahas masalah matematika, seperti Geometri, Kombinatorika,” ujarnya di Malang, Jumat (24/01).  

Menurut Samsudin, babak penyisihan SEAMO ke-10 diikuti 15.000 siswa dan digelar serentak dengan negara lain. Di Indonesia, babak penyisihan diselenggarakan di Tazkia Boarding School, Malang, pada 28 September 2019. Pada babak penyisihan SEAMO X Aura meraih medali Emas, sedangkan Faris meraih medali Perunggu. Karena itu, keduanya diberi kesempatan mengikuti babak semifinal dan grandfinal yang diselenggarakan di Australia. 

Dikatakan Samsudin, prestasi kedua siswanya tidak lepas dari dukungan, motivasi dan doa civitas akademik MTsN 2 Kota Malang dan orang tua. Madrasah juga memberikan bimbingan secara intensif untuk mempersiapkan para siswa mengikuti olimpiade.  

“Semoga prestasi Aura dan Faris di awal tahun ini berdampak pada prestasi berikutnya yang diraih siswa MTsN 1 Kota Malang. Kami ingin MTsN 1 Kota Malang menjadi madrasah yang berkualitas unggul dalam IMTAQ dan IPTEK yang bertaraf Internasional,” tuturnya.  

“Dua medali ini menjadi koleksi ke 82 yang berhasil diraih siswa MTsN 1 Kota Malang sepanjang 2019,” tandasnya. (p/ab)