Apple Harus Pindai iPhone untuk Foto Pelecehan Anak

By Nad

nusakini.com - Internasional - Apple harus memperhatikan peringatan dari layanan keamanan Inggris dan menghidupkan kembali rencananya yang kontroversial untuk memindai iPhone untuk foto-foto yang berkaitan dengan pelecehan anak, penemu teknologi pemindaian berpendapat.

Prof Hany Farid, seorang ahli dalam analisis gambar di University of California, Berkeley, adalah penemu PhotoDNA, teknik "hashing gambar" yang digunakan oleh perusahaan di seluruh web untuk mengidentifikasi dan menghapus gambar ilegal. Dia mengatakan bahwa, setelah intervensi dari pimpinan teknis GCHQ dan Pusat Keamanan Siber Nasional yang mendukung perluasan teknologi ke telepon individu, Apple harus berani untuk menghidupkan kembali rencananya yang tertunda untuk melakukan hal itu.

“Tekanan itu berasal dari sejumlah kecil kelompok privasi,” kata Farid, berbicara kepada Internet Watch Foundation (IWF) di podcast terbaru kelompok keselamatan anak. “Saya berpendapat bahwa sebagian besar orang akan mengatakan 'tentu, ini tampaknya sangat masuk akal', tetapi kelompok yang relatif kecil sangat vokal memberikan tekanan besar pada Apple dan saya pikir Apple, agak pengecut, menyerah pada tekanan itu."

“Saya pikir mereka seharusnya bertahan dan berkata: 'Ini adalah hal yang benar untuk dilakukan dan kami akan melakukannya.' Dan saya adalah pendukung kuat tidak hanya Apple yang melakukan ini, tetapi Snap melakukan ini, dan Google melakukan ini – semua layanan online melakukan (pemindaian) ini.”

Apple pertama kali mengumumkan rencananya untuk melakukan "pemindaian sisi klien" pada Agustus 2021, di samping proposal keselamatan anak lainnya yang telah hadir di iPhone. Perusahaan bermaksud memperbarui iPhone dengan perangkat lunak yang memungkinkan mereka mencocokkan gambar pelecehan anak yang disimpan di perpustakaan foto pengguna dengan salinan identik yang sudah diketahui pihak berwenang agar tidak dibagikan di web, dan menandai pengguna tersebut ke lembaga perlindungan anak.

Setelah protes dari kelompok privasi, perusahaan mengesampingkan proposal pada bulan September tahun itu, dan tidak membahasnya secara terbuka sejak itu. Tetapi pada bulan Juli, pimpinan dinas keamanan Inggris menerbitkan sebuah makalah yang merinci keyakinan mereka bahwa pemindaian semacam itu dapat digunakan dengan cara yang meredakan beberapa ketakutan, seperti kekhawatiran bahwa negara yang menindas dapat membajak pemindaian untuk mencari citra yang kontroversial secara politik.

"Detail penting ketika berbicara tentang subjek ini," tulis Ian Levy dan Crispin Robinson. “Membahas subjek secara umum, menggunakan bahasa yang ambigu atau hiperbola, hampir pasti akan mengarah pada hasil yang salah.”

Farid berpendapat bahwa sudah waktunya bagi Apple dan perusahaan teknologi lainnya untuk bertindak dan mendahului undang-undang. “Dengan undang-undang keamanan online yang masuk melalui pemerintah Inggris, dan dengan DSA [Digital Services Act] dan DMA [Digital Markets Act] berjalan melalui Brussels, saya yakin inilah saatnya bagi perusahaan untuk mengatakan: “Kami akan melakukan ini, kami akan melakukannya dengan persyaratan kami.” Dan, jika tidak, maka saya pikir kita harus melangkah dengan tangan yang sangat berat dan bersikeras mereka melakukannya.

“Kami secara rutin memindai di perangkat kami, di email kami, di layanan cloud kami untuk segala hal termasuk spam dan malware serta virus dan ransomware, dan kami melakukannya dengan sukarela karena melindungi kami. Saya tidak berpikir hiperbolik untuk mengatakan bahwa, jika kita mau melindungi diri kita sendiri, maka kita harus bersedia untuk melindungi yang paling rentan di antara kita.

“Ini adalah teknologi inti dasar yang sama, dan saya menolak mereka yang mengatakan ini entah bagaimana memberikan sesuatu. Saya berpendapat ini, pada kenyataannya, keseimbangan yang harus kita miliki untuk melindungi anak-anak secara online dan melindungi privasi dan hak-hak kita.”

Berbicara tentang surat kabar Levy/Robinson, Mike Tunks, kepala kebijakan dan urusan publik di IWF, mengatakan: “Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah telah mengatakan: 'Kami ingin perusahaan teknologi berbuat lebih banyak dalam menangani pelecehan seksual anak di lingkungan terenkripsi ujung ke ujung.'

“Seperti yang kita ketahui, pada saat ini, tidak ada teknologi yang dapat melakukan itu, tetapi makalah ini menjelaskan beberapa cara untuk mencapainya.” (theguardian/dd)