Bank Sulselbar FC Turunkan Dua Tim Di Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Bank Sulselbar FC menurunkan dua tim untuk berlaga di Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019. Kedua tim ini mengawali kiprahnya pada zona Makassar yang mulai bergulir pada Sabtu (13/4) mendatang di Lapangan Emmy Saelan. 

Pada liga berjenjang U-16 ini, Bank Sulselbar FC sudah tiga kali secara beruntun mewakili Sulawesi Selatan berlaga di putaran nasional. Pada 2016, tim yang dimanajeri Ari Hidayat ini menembus 8 Besar. Setahun berikutnya, mereka meraih peringkat tiga di Yogyakarta. Dan pada 2018 di Bali, langkah Bank Sulselbar terhenti di 8 Besar setelah kalah adu penalti dari Persebaya U-16. Penampilan Alif Jaelani dkk di Bali mendapat apresiasi dari panpel pusat dengan penghargaan trofi Tim Fair Play.

Secara personal, pemain Bank Sulselbar juga meraih prestasi. Pada 2017, Alif dan Ahmad Latando menjadi starter Timnas Pelajar U-16 di Borneo Cup, Malaysia yang merupakan turnamen Tier 3 AFC. Setahun berikutnya, Alif yang kelahiran 2002 kembali memperkuat timnas pelajar U-16 yang menjadi juara di Gothia Cup, China. Alif kini berada di Inggris untuk berlatih bersama tim Garuda Select.

Menurut Ari Hidayat, langkah manajemen menurunkan dua tim bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para pemain binaannya untuk mendapatkan pengalaman dan jam terbang. "Pemain Tim A dan B merupakan hasil seleksi internal kami. Sebenarnya, kami ingin mengikutkan banyak pemain, tapi kouta yang diberikan panpel kepada sebuah tim hanya 18 pemain," kata Ari.

Terkait peluang Bank Sulselbar FC, Ari Hidayat menilai peta kekuatan tim tahun ini terbilang merata. Itulah mengapa dirinya selalu menekankan kepada pemainnya agar fokus dari partai ke partai. "Sudah tentu kami ingin kembali mewakili Sulsel. Tapi, sekali lagi saya tegaskan kami juga tidak menutup mata dengan perkembangan tim-tim lain," terang Ari.(ab)