Beyoncé akan Rekam Ulang Bagian Lagu dari Album Renaissance yang Dianggap Menghina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Beyoncé akan merekam ulang salah satu lagu di album barunya, setelah menghadapi kritik dari para aktivis disabilitas.

Lagu 'Heated', yang dirilis pada hari Jumat (29/7), berisi istilah menghina yang sering digunakan untuk merendahkan orang dengan penyakit cerebral palsy spastik.

Humas bintang itu mengatakan kepada BBC bahwa istilah tersebut, yang dapat memiliki konotasi berbeda di AS, "tidak digunakan dengan sengaja dengan niat yang berbahaya".

Itu "akan diganti dalam lirik", tambah mereka, tanpa memberikan skala waktu.

Reaksi tersebut datang hanya beberapa minggu setelah bintang pop AS Lizzo meminta maaf karena menggunakan kata yang sama dalam lagunya 'GRRRLS'.

Dalam beberapa hari, Lizzo juga meminta maaf dan merilis ulang lagu tersebut, menghilangkan lirik yang menyinggung.

"Biarkan saya menjelaskan satu hal: saya tidak pernah ingin mempromosikan bahasa yang menghina," tulisnya dalam sebuah pernyataan yang diposting ke media sosial.

"Sebagai wanita kulit hitam gemuk di Amerika, saya telah mendengar banyak kata-kata menyakitkan yang digunakan terhadap saya, jadi saya mengerti bagaimana kekuatan kata-kata dapat menyebabkan sesuatu (baik sengaja atau dalam kasus saya, tidak sengaja)."

Ketika penggemar mendengar lagu Beyoncé pada hari Jumat, rasanya "seperti tamparan di wajah", advokat disabilitas Hannah Diviney mengatakan kepada BBC.

"Saya lelah dan frustrasi karena kami melakukan percakapan ini lagi segera setelah kami mendapat tanggapan yang begitu berarti dan progresif dari Lizzo".

Badan amal penyandang disabilitas, Scope, telah meminta Beyoncé untuk merekam ulang lagu tersebut, dan menghilangkan penghinaan yang dimaksud. Mereka kemudian menyambut baik niatan Beyoncé.

"Baguslah Beyoncé bertindak begitu cepat setelah para penyandang disabilitas sekali lagi menyebut lirik yang tidak masuk akal ini," kata manajer media Scope, Warren Kirwan.

"Ada perasaan deja vu karena baru beberapa minggu sejak Lizzo juga harus merilis ulang sebuah lagu setelah menampilkan bahasa ofensif yang sama.

"Kami berharap ini terakhir kalinya kami melihat hal semacam ini dari siapa pun, apalagi musisi dengan pengaruh global yang sangat besar."

Beberapa penggemar membela Beyoncé, menunjukkan bahwa istilah yang dia gunakan dapat memiliki arti yang berbeda di AS - di mana sering digunakan untuk berarti "panik" atau "gila" (walaupun istilah itu sendiri bisa tidak sensitif bagi orang-orang dengan gangguan mental dan kondisi kesehatan lainnya).

Terlepas dari kontroversi, album studio ketujuh Beyoncé, Renaissance, diperkirakan akan menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia minggu ini.

Di Inggris, saat ini mengungguli sisa lima besar gabungan. Single utama, Break My Soul, juga diperkirakan akan menduduki puncak tangga lagu. (bbc/dd)