Cak Imin: Poros Koalisi Baru Bentukan PKB Mungkin Bakal Lahir Jelang Pilpres 2024

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dinamika politik dinilai masih sangat fluktuatif dan cair. Karenanya, tidak mustahil akan ada terbentuk poros koalisi baru. 

Hal ini disampaikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin

"Bukan hal yang mustahil bagi PKB untuk menggagas poros koalisi baru. Ditambah lagi, belum ada koalisi yang sangat matang dan kuat, sehingga semuanya masih bisa berubah", kata Cak Imin, Rabu (1/6/2022).

Diketahui, berbagai manuver politik telah dilakukan beberapa tokoh dengan menggagas deklarasi koalisi parpol, seperti Koalisi Indonesia Baru (KIB) bentukan Partai Golkar dan PPP dan PAN. Sementara, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

“Kita berpeluang membuat koalisi baru, kan belum ada yang matang. Jadi, semuanya masih mungkin,” katanya. 

Cak Imin mengatakan partainya membuka diri untuk menjalin koalisi dengan parpol manapun. Namun, ada catatan bahwa koalisi yang dibangun, PKB mematok posisi tawar tinggi yakni proposal calon presiden (capres), termasuk di Koalisi Indonesia Baru.

“Ya saya capresnya. Kalau capres mereka bukan saya, ya tentu saya tidak gabung dengan mereka,” tegasnya.

Wakil ketua DPR ini mengatakan hingga saat ini belum ada tokoh yang secara terbuka menyatakan bakal maju sebagai capres, selain dirinya. “Sampai hari ini, tampaknya yang baru ada keputusan (capres) PKB kok, sendirian,” tuturnya.

Cak Imin mengatakan akan berdiskusi dengan para ketua umum parpol untuk membahas kemungkinan koalisi. Komunikasi juga dilakukan dengan PDI Perjuangan dan Gerindra. Namun, sejauh ini baru diskusi-diskusi biasa yang belum ada kesimpulan akhirnya. “Belum ada yang menyimpulkan sampai hari ini,” pungkas Cak Imin. (*)