Ganjar Tertinggi di Lima Survei Terbaru Capres 2024

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pilpres 2024 nanti mulai memanas. Saat ini berbagai lembaga survei merilis sosok sosok yang kuat menjadi Capres menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun nama Ganjar Pranowo disebut menjadi kandidat terkuat capres 2024 nanti.

Hal tersebut berdasarkan hasil 5 survei terbaru yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia, Center for Political Communication Studies (CPCS), Polmatrix, Litbang Kompas dan Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN)

Dari kelima survei tersebut, elektablitas Ganjar Pranowo berada di posisi pertama sebagai Capres di 2024.

1. Poltracking

Menurut hasil survei terakhir yang dilaksanakan Poltracking Indonesia, Ganjar Pranowo berada di posisi pertama calon presiden (capres) potensial di Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyebutkan, perolehan Gubernur Jawa Tengah ini mendapatkan 18,2 persen, diikuti Prabowo Subianto 17,1 persen, dan Anies Baswedan 10,2 persen.

2. CPCS

Sedangkan dari hasil survei  CPCS menunjukan, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 sebesar 17,2 persen. Direktur CPCS Tri Okta mengatakan, dari hasil survei itu, Ganjar Pranowo akhirnya berhasil menggeser Prabowo Subianto keurutan kedua dengan perolehan 16,4 persen.

“Ganjar berhasil menyalip Prabowo dalam bursa calon presiden 2024, sementara Puan dan Airlangga masih bergerak di papan bawah, meskipun ada publikasi yang masif lewat pemasangan baliho di berbagai daerah,” kata Direktur CPCS, pada Rabu (20 /10/2021) lalu.

3. Polmatrix

Sementara berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Polmatrix Indonesia, perolehan eletabilitas Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 mencapai 20,1 persen. Selanjutnya, di posisi kedua ditempati oleh Subianto dengan 16,8 persen, Ridwan Kamil 10,6 persen, Anies Baswedan 9,4 persen dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno 7,1 persen.

"Dukungan publik terhadap Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden 2024 makin menguat," ujar Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto.

4. Litbang Kompas

Sedangkan hasil survei lembaga survei Litbang Kompas menunjukkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki persentase elektabilitas yang sama dalam survei calon presiden untuk Pemilu 2024. Menteri Pertahanan dan Gubernur Jawa Tengah itu memiliki persentase yang sama, yaitu 13,9 persen. Dengan hasil ini, Prabowo dan Ganjar sama-sama menduduki posisi pertama dan kedua dalam survei capres untuk Pemilu 2024. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki peringkat ketiga dengan persentase 9,6 persen responden.

"Inilah yang menarik kita cermati di papan atas yang berisi tiga orang ini, persaingan sedemikian ketat. Tadinya berjarak cukup lebar antara Pak Ganjar dengan Pak Prabowo dan Pak Anies Baswedan, ini menjadi semakin dekat, terutama Pak Ganjar Pranowo dan Pak Prabowo," kata kata peneliti utama Litbang Kompas, Bestian Nainggolan, dalam video yang dikutip pada Senin (18/10/2021).

5. LSIN

Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) merilis hasil survei elektabilitas tokoh yang diperkirakan maju sebagai calon presiden (capres) pada kontestasi Pilpres 2024 . Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki peringkat pertama sebagai capres paling potensial di survei ini.

Direktur Eksekutif LSIN Yasin Mohammad mengatakan, temuan tersebut diperleh melalui pertanyaan tertutup. Dalam pertanyaan tertutup ini, LSIN juga mencoba mengukur dengan berbagai simulasi calon atau tokoh yang diajukan kepada respondennya.

"Dengan simulasi 10 nama, 3 nama tetap mendominasi. Ganjar Pranowo 25%, Anies Baswedan 21%, dan Prabowo Subianto 13%," kata Yasin dalam paparannya secara daring, Sabtu (30/10/2021). (*)