nusakini.com-Sandakan-Pendidikan bagi generasi muda merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi. Pendidikan merupakan salah satu kesempatan bagi seseorang untuk kehidupan yang lebih baik. Sebagai bagian dari usaha Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Konsul Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu Krishna Djelani resmikan Gedung sekolah baru untuk Community Learning Center (CLC) Ladang Resort di Sandakan, Malaysia.

“Keberadaan CLC ini merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk memastikan terpenuhinya hak-hak pendidikan anak Pekerja Migran Indonesia, tanpa perhatian dan dukungan manajemen, mustahil “anak-anak ladang" ini dapat mengenyam pendidikan. Lebih dari itu, dukungan perusahan merupakan perwujudan dari tanggungjawab sosial perusahaan." Ujar Krishna Djelani dalam sambutannya. Gedung baru yang dapat menampung 100 siswa tersebut diperlukan karena jumlah siswa yang meningkat. 

CLC merupakan institusi pendidikan alternatif atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang didirikan untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak PMI yang bekerja di perkebunan-perkebunan di Malaysia. Hingga akhir tahun 2019, tercatat terdapat 232 CLC dengan 14.213 siswa yang tersebar di Malaysia. Di Malaysia, juga terdapat Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) yang memiliki 926 siswa. CLC disupervisi oleh SIKK dimana terdapat 294 Guru Bina dan 429 Guru Bantu/Guru Pamong yang ditugaskan oleh Kemendikbud RI.(p/ab)