nusakini.comJakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh foto-foto yang beredar di media sosial. Menurutnya, masyarakat harus lebih teliti dalam memastikan kebenaran foto-foto yang beredar.

Hal ini sampaikan kapolda Metro Jaya terkait munculnya foto di akun Facebook dengan nama Feri Yanto yang melakukan provokasi untuk melakukan demo sambil mengenakan seragam salah satu perusahaan taksi terkenal di Jakarta.

"Kita ini kan harus berpikir yang obyektif dalam menilai sesuatu peristiwa. Masalah itu faktanya seperti apa, jangan berpersepsi begitu loh. Jadi kalau ada dalam medsos itu harus kita cek dulu bener enggak gambar itu. Atau kah gambar itu hanya membikin keruh dan bikin gaduh," kata Moechgiyarto, Selasa malam (22/3/2016). 

Para awak media pun diimbau Moechgiyarto agar tidak memberitakan sebuah peristiwa yang sudah terjadi secara berulang-ulang. Menurutnya hal itu akan menimbulkan persepsi di tengah masyarakat bahwa kejadian tersebut terkesan tidak selesai-selesai. 

"Kalau memberitakan sesuatu berulang-ulang, padahal tragedinya sudah selesai tapi diberitakan lagi, seyogyanya dijelaskan kepada masyarakat bahwa kejadiannya jam sekian, supaya jangan sampai di benak masyarakat muncul kesan, oh ini nggak selesai-selesai. Padahal kita aman-aman saja kok," pungkasnya. (mk)