Kemeriahan Bazar Indonesia di San Francisco

By Abdi Satria


nusakini.com-San Francisco-“Indonesia bangga dengan diaspora Indonesia di San Francisco yang berinisiatif menggelar kegiatan budaya untuk semakin memperkenalkan kekayaan dan keindahan ragam budaya Indonesia kepada masyarakat Amerika Serikat," hal ini disampaikan Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi, ketika membuka Bazar Indonesia di La Cocina Municipal Marketplace, San Francisco.

Kegiatan kuliner dan kesenian tersebut diselenggarakan dalam kaitannya dengan perayaan Asian American Pacific Islander (AAPI) Heritage Month – rangkaian kegiatan sebulan penuh untuk memperingati warisan budaya bangsa-bangsa di kawasan Asia, Amerika dan Pasifik. Kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit Friends of Indonesia ini dihadiri oleh setidaknya 500 peserta yang mayoritas berasal dari warga lokal dan masyarakat ekspat serta diaspora Indonesia di San Francisco. Kegiatan dimulai pukul 11 pagi sampai dengan 3 sore.

Dari awal, sesuai ketentuan otoritas kota San Francisco, pihak penyelenggara perlu membatasi jumlah pengunjung dengan cara menetapkan tiket masuk serta memperhatikan keterbatasan kapasitas tempat yang tersedia. Namun demikian, karena antusiasme masyarakat yang besar, maka jumlah tiket yang tersedia telah ludes terjual beberapa hari sebelum kegiatan. “Indonesia terkenal pula dengan kekayaan kulinernya yang tidak saja istimewa tetapi juga di setiap daerahnya memiliki banyak ragam rasa dan jenis", kata Angela Tjitradi, Ketua Friends of Indonesia yang sekaligus Ketua Penyelenggara Bazar tersebut. Angela menambahkan berbagai makanan Indonesia yang tersedia juga habis dibeli oleh para pengunjung, baik yang menikmati di tempat maupun dibawa pulang.

Pada kesempatan yang sama, Claudine Cheng, Presiden Yayasan Warisan Budaya Asia Pasifik Amerika (Asian Pacific American Heritage Foundation) yang menyempatkan datang pada acara, menyampaikan apresiasinya atas pergelaran Bazar. Demikian pula Darlen Bryant, Direktur Eksekutif Yayasan Global San Francisco, salah seorang pemangku kepentingan di San Francisco, mengakui besarnya animo masyarakat lokal sejak kegiatan dibuka pagi hari hingga menjelang selesai acara, masyarakat terus mengalir berdatangan termasuk mereka yang tidak dapat masuk karena sudah tidak mendapatkan tiket sebelumnya karena terbatasnya kuota.

Bazar Friends of Indonesia yang pertama ini menampilkan pertunjukan tarian tradisional, fashion batik, dan bazar makanan. Tidak kurang dari 6 usaha kuliner Indonesia di San Francisco hadir menyuguhkan aneka jajanan khas Indonesia. Mulai dari nasi padang, pempek, sate, mie instan, lotek dan gado-gado, goreng pisang coklat dan keju, hingga aneka kue kering dan basah seperti lapis, kelepon, martabak, lemper, risoles, serta beberapa kopi khas Indonesia. Salah satu penerbit buku, Dalang Publishing, juga hadir sebagai vendor. Ia satu-satunya penerbit lokal yang menerbitkan berbagai buku karya sastra Indonesia di Amerika Serikat.

Tidak hanya masyarakat biasa, sejumlah influencer, youtuber, pembuat konten media sosial lokal juga berkunjung ke Bazar tersebut. “Masakan Indonesia terkenal dengan cita rasanya yang enak dan spesial, maka saya dan teman-teman datang ke Bazar yang saya nanti-nanti ini." ujar Vas Kiniris – seorang figur publik yang juga content creator, tinggal di San Francisco.

Salah seorang penari berkebangsaan Amerika Serikat, Amanda Rose Loveland, mengungkapkan kebahagiaannya karena diundang tampil dalam Bazat tersebut. Pelaku seni yang juga merupakan pimpinan kelompok Gamelan Swarasanti tersebut merupakan penerima (awardee) beasiswa Darmasiswa di Institute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung tahun 2018 dan piawai memainkan Tari Jaipong dan Tari Topeng.

Konjen Prasetyo menjelaskan lebih lanjut kegiatan Bazar semacam ini tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku usaha kuliner Indonesia di San Francisco, tetapi juga memperkuat upaya diplomasi publik terutama gastrodiplomasi Indonesia di tengah masyarakat Amerika Serikat. “Tidak hanya budaya dan tarian, kuliner seringkali menjadi salah satu andalan kita untuk menarik hati orang luar untuk semakin mengenal lebih dekat Indonesia bahkan datang mengunjungi Indonesia," tambah Prasetyo.

Indonesia diharapkan ke depannya mampu melakukan strategi global gastrodiplomasi guna turut mendorong peningkatan penjualan produk bumbu, pangan olahan dan rempah-rempah serta pemasukan devisa sektor wisata mancanegara untuk menghidupkan ekonomi lokal dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.(rls)