Libur Natal dan Tahun Baru 2017, KAI Surabaya Siapkan Kereta Tambahan

By Admin

nusakini.com-- Liburan Natal dan Tahun Baru 2017, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi(Daop) 8 Surabaya menyiapkan dua Kereta Api (KA) tambahan. Dua KA tersebut adalah KA Eksekutif EkonomiSancaka tambahan relasi Surabaya Gubeng Yogyakarta dan KA Ekonomi Kertajaya tambahan. Relasi Surabaya Gubeng-Jakarta Pasar Senen. 

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko dikantornya, Kamis (17/11) mengatakan, keretaapi tambahan beroperasi mulai 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017. 

Kata Gatut, PT KAI sebagai penyedia jasa layanan transportasi kereta api mulai bersiap untuk memenuhikebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang aman dan nyaman untuk bepergian di musim liburan akhir tahun ini. PT KAI menetapkan masa angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 mulai 23 Desember hingga8 Januari 2017. Sepanjang periode itu, diprediksi akan terjadi kenaikan volume penumpang sebesar 6 persen dibandingkan masa angkutan Nataru 2015/2016, dari 4.318.717 penumpang menjadi 4.581.300 penumpang. 

Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan layanan, pada masa angkutan Nataru tahun ini PT KAI mengoperasikan 328 perjalanan KA reguler dan 28 perjalanan KA tambahan dengan total 212.564 seat per hari, meningkat 11 persen dari tahun lalu sebesar 190.868 seat per hari. 

Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tambahan tersebut dapat melakukan pembelian di seluruhchannel resmi penjualan tiket kereta api mulai Selasa, 15 November 2016 pukul 12.00 WIB siang. Dari aspekprasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya PT KAI menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titikyang dianggap rawan seperti banjir dan longsor dan mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur KA sertaperondaan di lintasan KA pada waktu-waktu rawan. 

Pada angkutan Nataru tahun ini, PT KAI total menyiagakan petugas ekstra yang terdiri dari petugas pemeriksajalur, penjaga pelintasan, dan petugas posko didaerah rawan yang tersebar di seluruh lintas Jawa danSumatera. Selain itu, PT KAI juga bekerjasama dengan instansi terkait (Pemda, aparat keamanan) untukkeselamatan di pelintasan-pelintasan sebidang. 

Selain mengoperasikan KA tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan modatransportasi massal menjelang liburan akhir tahun, PT KAI juga memberikan tarif promo kepada pelanggannyayang hendak melakukan perjalanan liburan lebih awal. Ada program promo “Early Holiday Sale” menawarkanpotongan harga sampai dengan 20 persen untuk kereta api komersial jarak jauh dan menengah di wilayahPulau Jawa dan Sumatera yang berlaku untuk keberangkatan kereta api tiap hari Selasa dan Rabu pada periode15 November hingga 7 Desember 2016. 

Sebanyak 25.000 tiket disiapkan untuk program promo ini. Tiket promo “Early Holiday Sale” dapat dipesan di Contact Center KAI 121, mobile application, internet reservation, dan channel eksternal resmi penjualan tiket kereta api mulai tanggal 15 November 2016 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: 

Pelayanan penjualan tarif promo dilayani selama tempat duduk masih tersedia. Berlaku untuk subclass x, y, z. Promo berlaku untuk 1x keberangkatan. Tidak dapat digabung dengan reduksi / diskon lainnya; Penjualan tiket promo ini tidak dilayani di loket stasiun.(p/ab)