Lima BUMN Kenalkan Budaya Nusantara

By Admin

Foto/dok. Pupuk Indonesia    

nusakini.com - Lima perusahaan BUMN menggelar kegiatan Jalan Sehat dalam rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri 2017, menyambut HUT Republik Indonesia Ke-72 di Jakarta, Minggu (13/8). Kelima BUMN tersebut adalah PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero).

"Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 merupakan salah satu wujud program BUMN Hadir Untuk Negeri, melalui kegiatan ini kami BUMN terus bersinergi agar kehadiran BUMN dapat dirasakan masyarakat karena BUMN adalah agen pembangunan.” kata Aas Asikin Idat Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero).

Aas menambahkan lewat kegiatan jalan sehat ini Kementerian BUMN berupaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat, “Sambil jalan sehat masyarakat disuguhkan pengenalan budaya tanah air, Indonesia merupakan negeri yang berlimpah akan kekayaan alam dan dihiasi keberagaman budaya”. Tambah Aas.

Jalan Sehat ini dimulai dan finish di Gedung Sarinah, jalan Thamrin Jakarta Pusat. dengan rute sejauh kurang lebih 5 Km, diikuti oleh Karyawan BUMN dan masyarakat umum. Acara jalan sehat juga diikuti oleh anak-anak dari Rumah Autis, dimeriahkan dengan kegiatan pengenalan budaya nusantara, seperti medley tarian nusantara, fashion show batik nasional, pembacaan puisi Bhineka Tunggal Ika, Tabuh Kendang Nusantara, pentas seni musik, penyerahan bantuan beasiswa kepada Rumah Autis, serta pameran mitra binaan BUMN yang menampilkan kerajinan dan cinderamata dari beberapa daerah di tanah air. Selain itu, di acara tersebut akan ada lelang lukisan dari anak-anak jalanan yang tergabung dalam komunitas Anak Langit dan lukisan yang terjual akan di donasikan untuk anak-anak jalanan.

Beberapa rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2017 diantaranya program Siswa Mengenal Nusantara, Bedah Rumah Veteran, Jalan Sehat dan Upacara Peringatan HUT RI.

Program lainnya adalah Bedah Rumah Vetaran, dalam program bedah rumah ini sebanyak 48 orang veteran pejuang kemerdekaan di Propinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan renovasi rumah, bedah rumah ini dilakukan berdasarkan survey kepada 48 orang rumah milik veteran yang didapati sebagian besar dari rumah tersebut tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK yang layak dan perlu segera diperbaiki. Biaya renovasi setiap rumah diperkirakan sekitar Rp40 juta per rumah dan dalam pelaksanaanya akan dibantu dan dilakukan oleh tim dari Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi

Program Siswa Mengenal Nusantara, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero) menerima sebanyak 20 siswa yang berasal dari Propinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Propinsi DKI Jakarta dan mengirimkan 25 siswa-siswi asal DKI Jakarta yang berprestasi dan telah menjalani seleksi di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini selama tujuh hari di Kalimantan Timur. Kedua Propinsi saling bertukar pelajar selama sepekan untuk saling mempelajari budaya dan potensi daerah masing-masing dalam program Siswa Mengenal Nusantara. (p/mr)