LPDP Bekerjasama Selenggarakan SBK dengan BKN untuk Tunjukkan Transparansi

By Admin

nusakini.com--Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan Seleksi Berbasis Komputer (SBK) di Kantor Regional (Kanreg) 13 Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aceh Besar. SBK ini merupakan tahap ke-2 dari rangkaian seleksi beasiswa LPDP yang diikuti oleh pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi. 

"Penyelenggaraan tahap ke-2 yang dilaksanakan tanggal 17-20 Juli 2018 dilaksanakan serentak di 8 kota Aceh, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Ambon, Denpasar, Pontianak, dan Ternate dengan jumlah peserta sebanyak 759 orang, sedangkan untuk wilayah Kanreg BKN Banda Aceh sebanyak 94 orang," kata Tenaga Ahli Keuangan LPDP Kartono.  

Dalam tes tersebut, para peserta harus mengerjakan 3 tes yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Essay on the spot, dengan total waktu yang dikerjakan adalah 2,5 jam.  

“Dari ketiga tes tersebut yang akan menjadi penentu kelulusan pada tahap selanjutnya adalah TIU, dimana kandidat atau peserta dapat langsung melihat skor yang diperoleh di akhir tes serta dapat memantau ranking dan nilainya di web yang disediakan BKN. Adapun alamat web akan diumumkan di akhir tes,” jelasnya. 

Dalam penyelenggaraan tes SBK di Kanreg 13 BKN Aceh ini, seluruh proses kegiatan seleksi berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh peserta tes pun dapat mengikuti tes dengan tertib dan khidmat.  

Lebih lanjut, dalam penyelenggaraan SBK ini, LPDP bekerja sama dengan Kanreg Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Aceh sekaligus sebagai bentuk komitmen LPDP atas transparasi tes.(p/ab)