Mahasiswa FSH Wakili UIN Alauddin di NSLSM 2021 Lampung, Jadi Pembicara Hingga Juara III Video Favorit

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) menjadi delegasi UIN Alauddin di National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) yang digelar di UIN Raden Intan Lampung pada 27-29 Oktober 2021.

Adalah Regina Elsya Agusti, mahasiswa Hukum Tata Negara angkatan 2018 ini menjadi pembicara hingga mampu meraih juara III video favorit.

The 1st NSLSM 2021 yang mengusung tema "Creating Future Leaders in Sustainability" atau Menciptakan Pemimpin Masa Depan di Bidang Berkelanjutan ini menghadirkan 30 peserta dari masing-masing perwakilan perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia.

Pada Forum Group Discussion (FGD), peserta membahas masalah keberlanjutan yang dibagi menjadi 6 bidang, diantaranya penataan dan infrastrukur, energi dan perubahan iklim, pengelolaan air, pengelolaan limbah, transportasi, serta bidang pendidikan dan penelitian.

Perwakilan UIN Alauddin menjadi pemantik dalam bidang pengelolaan limbah. Setelah FGD, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi Lampung pernyataan sikap 30 perwakilan mahasiswa.

Disusul Campuss Tour UIN Raden Intan Lampung sekaligus aksi menanam pohon tiap delegasi universitas. Selanjutnya Beach Clean Up dan penanaman mangrove di Pulau Pahawang, Pasawaran Lampung.

Pada malam penutupan, kegiatan dirangkaikan dengan acara makan malam sekaligus pengumuman juara dalam bidang pemantik terbaik, video terbaik, serta video favorit.

Regina Elsya Agusti juara III video favorit dengan menjelaskan proses pengelolaan limbah di UIN Alauddin pada video tersebut.

Ia menjelaskan, dirinya mewakili kampus berdasarkan atas arahan langsung dari Rektor UIN Alauddin dan Kepala LP2M yang meminta perrwakilan dari Duta Kampus Asri UIN Alauddin.

"Kemarin saya merupakan Runner Up Duta Kampus Asri. Prosesnya langsung dipilih dan didaftarkan, jadi saya dikasih undangan dari Kepala LP2M dan selanjutnya ketemu Rektor untuk bicarakan keberangkatan dan persiapan lain. Juga sempat ketemu Wakil Dekan III FSH," terangnya.

Kegiatan ini imbuh dia, sangat menginspirasi dan memotivasi secara pribadi sebab mampu menjadi wadah atau tempat baru untuk terus berproses, apalagi generasi muda yang akan menjadi generasi emas.

"Generasi yang menjadi ujung tombak untuk Indonesia tentu harus lebih paham dalam mengatasi dan melaksanakan masalah keberlanjutan," paparnya.

Ia berpesan agar kegiatan seperti ini terus berjalan dan bisa menjadi acuan generasi muda dalam menjaga kelestarian bumi. Harapan besar dia, UIN Alauddin mampu menjadi salah satu kampus asri yang masuk dalam perangkingan UI Green Metric.

"Terakhir, Saya Regina Elsya Agusti mengajak seluruh masyarakat baik dalam kampus maupun luar kampus untuk tetap bersama-sama dalam menjaga dan melestarikan bumi. ingatki SAMATA (sama sama ambil sampahta). Jaga bumimu, maka bumi akan menjagamu," pintanya.

Sekadar diketahui, UIN Raden Intan Lampung (RIL) membahas isu dibidang berkelanjutan bersama perwakilan mahasiswa se-Indonesia. Pembahasan ini melalui kegiatan pertemuan dengan nama National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) pada 27-29 Oktober 2021.

NSLSM merupakan agenda yang dipayungi oleh UI GreenMetric selaku lembaga pemeringkatan universitas dunia di bidang keberlanjutan. Tahun 2021 adalah agenda perdana NSLSM, sehingga disebutkan sebagai The 1st NSLSM 2021.(rilis)