Manga 'One Piece' Rayakan Ulang Tahun ke-25

By Nad

nusakini.com - Internasional - Serial manga tentang bajak laut pemburu harta karun yang telah memikat jutaan penggemar di seluruh dunia merayakan ulang tahunnya yang ke-25 saat bab terakhir dari saga terlaris itu mengungkapkan rahasianya.

Rilis terbaru One Piece dimulai pada 25 Juli di majalah manga mingguan Jepang Shonen Jump, yang diterbitkan oleh Shueisha, setelah jeda satu bulan.

Serial ini telah mengumpulkan lebih dari 100 volume dan memecahkan rekor penjualan sejak volume pertama muncul pada tahun 1997.

Ceritanya berkisar pada pahlawan Luffy, yang berburu harta karun "One Piece" yang didambakan bersama bajak laut lainnya.

Penulis Eiichiro Oda, 47, mendapatkan Rekor Dunia Guinness karena memiliki salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh satu penulis - dengan 490 juta diproduksi.

Keberhasilannya telah membuat ulang tahun ke-25 ciptaannya menjadi acara global, dari Amerika Serikat hingga Prancis, pasar terbesar kedua untuk manga dan animasi Jepang.

Volume ke-100 dari seri ini keluar di Prancis tahun lalu dengan 250.000 eksemplar, jumlah yang menyaingi karya yang telah memenangkan hadiah sastra Prix Goncourt yang bergengsi.

"Saya akan mulai menunjukkan semua rahasia dunia ini yang saya sembunyikan," kata Oda dalam pesan tulisan tangan yang diposting di Twitter. "Ini akan menyenangkan. Tolong kencangkan sabuk pengamanmu!"

Chedli Ben Hassine, pembuat konten yang berspesialisasi dalam budaya pop, mengatakan kepada AFP bahwa One Piece telah menjadi "tidak hanya salah satu seri manga terbesar di dunia, tetapi salah satu karya budaya terbesar, termasuk semua sektor."

"Apa yang membuat manga ini begitu istimewa adalah di atas semua plotnya," kata Ryuji Kochi, presiden untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika di Toei Animation, perusahaan Jepang yang telah memproduksi seri ini sejak 1999.

Dunia One Piece mencakup referensi budaya dan geografis yang memberikan dimensi universal, termasuk Mesir kuno, Venesia, dan Jepang abad pertengahan.

Karakter menarik dan tema modern industrialisasi berbahaya, rasisme, perbudakan, dan intrik geopolitik menambah daya tarik serial ini.

"Dengan mengusulkan alam semesta yang sama sekali berbeda, penulis tidak pernah membuat pembaca bosan," kata Benoit Huot, kepala manga di perusahaan penerbitan Glenat, kepada AFP. "Anda memiliki kisah yang epik, yang berlangsung sangat lama dan di mana Anda tidak bisa mengatakan bahwa cerita ini berputar-putar."

Meskipun akhir dari One Piece menjanjikan banyak liku-liku, serial ini belum menjangkau khalayak yang lebih luas di luar penggemar komik Jepang seperti hit global Star Wars dan Harry Potter.

Budaya Jepang jauh dari pengaruh kreasi Barat yang didukung oleh pasar besar dan kekuatan lunak yang dapat diproduksi oleh mesin budaya Hollywood dalam skala industri, kata ekonom Julien Pillot kepada AFP.

Produser berharap rilis serial Netflix yang akan datang yang diadaptasi dari dunia One Piece akan membantunya menaklukkan wilayah baru, membawa cerita ini ke lebih dari 200 juta pelanggan platform streaming global tersebut.

Pillot mengatakan Hollywood secara historis berjuang untuk mengadaptasi serial manga ke layar lebar, termasuk kegagalan estetika dan komersial yang merupakan adaptasi dari Dragon Ball.

"Jika Netflix berhasil menciptakan produk dengan kualitas sangat tinggi, yang menangkap semangat unik One Piece, itu akan menjadi awal yang baik," tambahnya. (voa/dd)