Marcelo Lippi Menilai Andrea Pirlo Bisa Samai Sukses Zinedine Zidane

By Abdi Satria


nusakini.com-Turin- Pelatih legendaris Italia Marcelo Lippi menilai Andrea Pirlo  sangat mungkin mengikuti jejak sukses Zidane sebagai pelatih.

"Dia masih seperti para juara besar yang masih bermain sekarang, jadi dia bisa bicara secara terbuka dan santai dengan Cristiano Ronaldo dan Giorgio Chiellini, seperti seorang kolega. Zidane mirip-mirip situasinya ketika mengambil alih di Real Madrid, jadi mungkin Juve butuh seseorang dengan karakter itu pada saat ini," kata mantan pelatih Napoli, Juventus, Inter Milan, dan tim nasional Italia ini.

Lippi percaya Andrea Pirlo justru bisa memberikan sebuah sentuhan yang berbeda untuk Juventus. Nama besar dan pengalamannya sebagai pemain akan menghadirkan aura tersendiri di ruang ganti, sebagaimana ketika Zinedine Zidane menerima pekerjaan sebagai pelatih Real Madrid.

Menurut Lippi, Zidane tak menghadirkan sentuhan teknik atau taktik khusus. Tapi ia bisa mengontrol para pemain top Madrid dan membuat mereka mengeluarkan kemampuan terbaik. 

Pirlo diangkat Juventus menjadi pelatih menggantikan Maurizio Sarri pada 9 Agustus lalu dengan kontrak dua tahun. Pirlo langsung promosi menangani tim utama hanya sembilan hari sejak ditunjuk melatih tim U-23 Juventus.(d/ab)