Mendagri Sebut Website Berita ‘Hoax’ Dilacak BIN

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewanti-wanti ada upaya adu domba antara dirinya dengan Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Hal ini dijelaskannya saat ditanya kebenaran berita Tjahjo Kumolo yang mencurigai Anies Baswedan ingin mengganti Pancasila dengan Syariah Islam. 

“(Berita itu-red) mengadu domba saja, dan sudah dilacak BIN akunnya,” jelasnya di Jakarta, Sabtu (27/5) 

Selain itu, Mendagri menjelaskan bahwa sudah ada klarifikasi dari wartawan tentang portal yang memuat berita adu domba itu. 

“Agar tidak ada salah paham ke depannya. Tribunhot.com begitu juga dengan Tribunislam, Tribunkota, Tribunsenayan atau beritatribun.blogspot.com bukanlah bagian dari Portal Tribunnews.com,” demikian Tjahjo Kumolo meneruskan wanti-wanti yang diterimanya dari kalangan wartawan. 

Sebelumnya sebuah protal dengan nama Tribunhot.com memuat pemberitaan bersifat fitnah dan mengandung unsur adu domba dikaitkan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Masyarakat diminta tak terprovokasi dengan ujaran-ujaran yang dikutip dalam media tersebut. 

“Pemberitaan ini jelas sekali bersifat fitnah, adu domba dan 'hoax'. Dimohon semua pihak diminta tak terpengaruh dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Provokasi ini memiliki tujuan untuk mengadu domba. Jangan langsung asal percaya dan lalu menyebarluaskan informasi tersebut,” ujar Tjahjo. 

Pada hari Senin (22/5) di website Tribunhot.com diberitakan Mendagri sebut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan Ingin Ganti Pancasila Jadi Syariat Islam. Hal itu dibantah oleh Tjahjo Kumolo. 

"Waspadai berita viral dan fitnah. Ini mau adu domba saya dengan Anies Baswedan," kata Tjahjo dalam keterangannya, Kamis (25/5). 

Tjahjo juga meminta kepada semua pihak untuk lebih hati-hati dan teliti untuk menerima dan menyeberluarkan informasi berita. (p/ab)