Meninjau KJRI Dubai, Menteri Tjahjo Ingin Percepatan Pelayanan Bagi WNI

By Abdi Satria


nusakini.com-Dubai- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninjau pelayanan publik pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Dubai, Uni Emirat Arab. Ia menyampaikan pelayanan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan.

“Kami tadi mewawancarai WNI yang mengantre, mereka menyatakan kepuasannya. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan bisa menyeluruh ke negara lainnya,” jelasnya.

Disampaikan bahwa bagian dari reformasi birokrasi, Kementerian Luar Negeri dapat melakukan percepatan dalam melayani WNI dengan cara jemput bola. Selain itu penyelenggara layanan dapat menginventarisasi masalah yang kerap ditemukan masyarakat Indonesia yang ada di Dubai untuk peningkatan pelayanan.

Dengan inovasi-inovasi yang baru, diharapkan birokrasi yang panjang bisa menjadi pendek dan berdampak pada kepuasan masyarakat. Menurutnya sebagai garda terdepan di luar negeri, KJRI memiliki tugas melayani WNI dengan cepat, baik dalam kepengurusan dokumen maupun permasalahan lainnya.

Lebih lanjut dirinya berpesan dapat dikembangkan juga layanan yang terintegrasi. WNI yang berada dalam wilayah kerja KJRI Dubai dapat mengakses layanan dengan mudah.

Peninjauan pelayanan di KJRI Dubai dilakukan Menteri Tjahjo bersama rombongan disela agenda penandatanganan nota kesepahaman bidang pelayanan publik di Tbilisi, Georgia. Rombongan Kementerian PANRB diterima langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai K. Candra Negara.

Pada kesempatan itu, Menteri PANRB didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Staf Ahli bidang Politik dan Hukum Kementerian PANRB Muhammad Imanuddin, Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB Muhammad Yusuf Kurniawan, serta lainnya. (rls)