JAKARTA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekarang partainya PAN. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sempat berseloroh Zulkifli akan menunjukkan KTA (Kartu Tanda Anggota) PAN milik Jokowi. PAN kini memamerkan 'KTA' Jokowi.

Adalah akun TikTok PAN yang mengunggah 'KTA' Jokowi. Seperti dilihat redaksi pada Selasa (19/12/2023), akun PAN membuat video berdurasi 24 detik yang memuat gambar 'KTA' Jokowi.

Video tersebut diawali dengan cuplikan pernyataan Hasto yang menyebut Zulkifli akan menunjukkan KTA Jokowi. Selanjutnya, video menampilkan KTA PAN dengan foto Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih dibalut jas, dasi merah dan peci hitam.

"Real cuyyy," demikian tulisan yang menyertai video tersebut.

Dalam video tersebut, data di 'KTA' Jokowi mulanya diblur. Di ujung video, data-data di 'KTA' Jokowi kemudian ditampilkan.

Ternyata, video 'KTA' PAN Jokowi ini hanyalah candaan semata. Data-data di 'KTA' tersebut isinya guyon.

Adapun PAN menuliskan nomor 12 di nomor KTA hingga NIK Jokowi. PAN menuliskan 'Tanya Bu Iriana' terkait tempat dan tanggal lahir Jokowi hingga 'Gak tau kok tanya' terkait data wilayah.

Dikonfirmasi terkait video tersebut, juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, menyebut pihaknya akan sangat senang jika Jokowi benar-benar menjadi keluarga PAN. Viva mengungkit pernyataan Jokowi beberapa waktu lalu.

"Keluarga besar PAN sangat senang jika Pak Jokowi menjadi keluarga PAN. Apalagi sudah ada pernyataan dari Presiden Jokowi bahwa PAN sudah masuk sebagai keluarga Jokowi karena bergabung di pemerintahan. Dan Jokowi sudah menjadi keluarga PAN," kata Viva saat dikonfirmasi.

Viva menyebut menjelang Pemilu 2024, Jokowi masih memiliki tingkat kepuasan publik di atas 72%. Viva menyinggung soal 'Jokowi effect'.

"Kondisi ini menimbulkan Jokowi effect sehingga efek elektoralnya berpengaruh atas perolehan suara di Pilpres 2024," katanya.

"Dari data beberapa lembaga survei menyatakan bahwa Jokowi effect jatuh ke pundak Prabowo-Gibran sehingga sangat logis jika seiring waktu ke depan terjadi tren kenaikan elektabilitas Prabowo Gibran," imbuh dia.

Viva juga membagikan foto baliho caleg PAN yang memuat gambar Jokowi dan Zulkifli Hasan. Baliho itu juga dihisi kutipan Jokowi soal PAN meruakan keluarganya.

Mau bukti? Nih! #jokowi #jokowidodo #jokowidodopresidenkita #zulkiflihasan ♬ suara asli - ipan cebol

https://vt.tiktok.com/ZSNp6jrWc/