PSSI Izinkan Shin Tae-Yong Pulang Kampung

By ommed


nusakini.com - Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan bakal memberi jatah libur kepada Shin Tae-yong. Ia merasa tak tega melihat pelatih timnas Indonesia tersebut sudah lama tidak berkumpul bersama keluarganya.

Saat ini Tae-yong sedang sibuk mempersiapan timnas Indonesia U-19 untuk berlaga pada Piala AFF U-19 2022. Ajang tersebut bakal digelar di Jakarta dan Bekasi, 2 hingga 15 Juli mendatang.

Timnas Indonesia U-19 menempati Grup A Piala AFF U-19. Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam merupakan lawan yang dihadapi.

Juara Piala AFF U-19 menjadi target yang dipatok PSSI kepada Tae-yong. Selepas kejuaraan tersebut barulah sosok asal Korea Selatan itu boleh pulang kampung.


"Kami akan kasih cuti Shin Tae-yong pada Juli. Kasihan juga. Dia mesti pulang ke Korea Selatan untuk bertemu keluarganya," kata iriawan.

Sebelum memimpin timnas Indonesia U-19, Tae-yong mengomandoi timnas Indonesia U-23 yang tampil di SEA Games 2021. Dalam perhelatan tersebut ia mempersembahkan medali perunggu.

Selepas SEA Games 2021, Tae-yong langsung meramu timnas senior Indonesia yang berlaga di kualifikasi Piala Asia 2023. Ia pun mengantarkan skuad Garuda melaju ke putaran final Piala Asia.

Kelolosan timnas Indonesia ke Piala Asia sudah lama dinantikan. Terakhir kali, pasukan Merah Putih ambil bagian dalam kejuaraan tersebut pada 2007.

"Saat ini, Shin Tae-yong memang fokus ke U-19 yang akan ikut Piala AFF. Kalau U-23 belum ada kegiatan, senior sedang istirahat kembali ke klub," ucapnya.

Jadwal terdekat Tae-yong usai Piala AFF U-19 adalah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, 10-18 September mendatang. Kemudian, ia memimpin timnas senior dalam FIFA matchday yang dimulai 19-27 September 2022. (gi/om)