Rapat ASEAN yang Dijadwalkan Minggu Depan Ditunda

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kamboja mengatakan pada hari Rabu (12/1) bahwa pertemuan langsung para menteri luar negeri ASEAN yang dijadwalkan minggu depan akan ditunda, suatu perkembangan yang dapat dipengaruhi oleh tanggapan kelompok regional terhadap Myanmar yang dikuasai militer.

Kamboja, yang mengetuai 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa versi Asia Tenggara tahun ini, mengaitkan penundaan itu dengan "fakta bahwa sulit bagi banyak menteri luar negeri ASEAN untuk melakukan perjalanan ke Kamboja" untuk pertemuan yang akan diselenggarakan pada 18-19 Januari itu.

Tidak ada tanggal baru yang diberikan untuk pertemuan itu, yang direncanakan akan diadakan di Siem Reap, barat laut Kamboja. Itu akan menjadi pertemuan rutin tetapi penting sebagai kesempatan pertama bagi para menteri luar negeri ASEAN untuk bertemu secara langsung setelah Kamboja mengambil alih kepemimpinan kelompok itu pada awal tahun ini.

Beberapa anggota, seperti Indonesia dan Malaysia, sangat menyerukan kembalinya pemerintahan demokratis di Myanmar setelah militer menggulingkan pemerintah sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi dalam kudeta Februari lalu.

Kamboja, sebaliknya, tampak bersemangat untuk membawa junta Myanmar kembali ke diplomasi ASEAN setelah kelompok regional itu mulai mengeluarkan pemimpin militer negara itu dari pertemuan puncak terkait ASEAN pada Oktober.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan Indonesia dan Malaysia lebih memilih pertemuan virtual karena urusan dalam negeri, sementara Brunei disibukkan dengan pernikahan kerajaan yang akan datang.

Sejak kudeta Februari, ASEAN telah menyerukan diakhirinya kekerasan dan pengiriman utusan khusus ASEAN untuk bertemu dengan "semua pihak terkait." Namun junta gagal memenuhi tuntutan tersebut.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengunjungi Myanmar pekan lalu, menjadi pemimpin asing pertama yang melakukannya sejak kudeta. Selama kunjungan dua hari, ia mengadakan pembicaraan dengan pemimpin militer, Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Anggota ASEAN sedang mendiskusikan apakah menteri luar negeri yang ditunjuk militer harus diizinkan untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri. (Kyodo/dd)