nusakini.com - Internasional - Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan terus bekerja hingga 2030, sebelum terjun ke Samudra Pasifik pada awal 2031, menurut NASA.

Dalam sebuah laporan minggu ini, badan antariksa AS mengatakan ISS akan menabrak bagian laut yang dikenal sebagai Point Nemo.

Ini adalah titik terjauh dari daratan di planet Bumi, juga dikenal sebagai kuburan pesawat ruang angkasa.

Banyak satelit tua dan puing-puing ruang angkasa lainnya telah jatuh di sana, termasuk stasiun ruang angkasa Rusia Mir pada tahun 2001.

NASA mengatakan bahwa di masa depan kegiatan luar angkasa yang dekat dengan Bumi akan dipimpin oleh sektor komersial.

ISS - sebuah proyek bersama yang melibatkan lima badan antariksa - telah mengorbit sejak tahun 1998 dan terus diawaki sejak tahun 2000. Lebih dari 3.000 investigasi penelitian telah dilakukan di laboratorium gayaberat mikronya.

Namun, itu hanya disetujui untuk beroperasi hingga 2024 dan perpanjangan apa pun harus disetujui oleh semua mitra.

NASA mengatakan rencana untuk menghentikan ISS menandai transisi ke sektor komersial untuk kegiatan di orbit rendah Bumi - area ruang yang dekat dengan Bumi.

"Sektor swasta secara teknis dan finansial mampu mengembangkan dan mengoperasikan tujuan komersial orbit rendah Bumi, dengan bantuan NASA," kata Phil McAlister, direktur ruang komersial di Nasa Headquarters.

Pada tahun 2020, NASA memberikan kontrak kepada perusahaan yang berbasis di Texas, Axiom Space untuk membangun setidaknya satu modul layak huni untuk dipasang ke ISS. Ini juga telah memberikan dana kepada tiga perusahaan untuk mengembangkan desain untuk stasiun ruang angkasa dan tujuan komersial lainnya di orbit.

Diharapkan proyek-proyek baru ini akan beroperasi setidaknya sebagian sebelum ISS dihentikan.

NASA mengatakan ingin menciptakan "ekonomi komersial yang kuat dan dipimpin Amerika di orbit rendah Bumi".

Sektor komersial sudah menjadi bagian penting dari program luar angkasa AS, dengan perusahaan swasta bertanggung jawab untuk mengirimkan awak dan kargo. Pesawat ruang angkasa Soyuz dan Progress Rusia juga digunakan.

Menurut NASA, itu akan menghemat $ 1,3 miliar (Rp 18,6 triliun) dengan beralih ke sektor swasta untuk kegiatan di orbit rendah Bumi, uang yang sebaliknya dapat dihabiskan untuk eksplorasi ruang angkasa.

Penghematan ini diantisipasi karena NASA hanya akan membayar layanan yang dibutuhkannya, bukan untuk pemeliharaan dan pengoperasian ISS. NASA juga menunjukkan bahwa stasiun luar angkasa sektor swasta akan lebih baru dan membutuhkan lebih sedikit suku cadang.

NASA mengatakan telah menganalisis anggaran ISS-nya setiap tahun dan akan terus menyempurnakan perkiraan penghematannya.

Laporan transisi yang diterbitkan oleh NASA minggu ini muncul setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan telah berkomitmen untuk memperpanjang kegiatan stasiun luar angkasa hingga 2030.

Namun, perpanjangan tersebut masih memerlukan dukungan mitra internasional, termasuk Rusia, dan pendanaan untuk ISS saat ini hanya disetujui oleh Kongres AS hingga 2024.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Rusia Interfax pada Desember 2021, kepala program luar angkasa Rusia, Dmitry Rogozin, menunjukkan kesediaan untuk bekerja dengan NASA setelah tahun 2024.

"Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata," katanya. "Tahun ini kami mengirim modul Nauka baru ke ISS, yang diperkirakan akan bertahan setidaknya 10 tahun."

Kepala Roscosmos juga mengeluh bahwa sanksi AS terhadap Rusia merugikan industri luar angkasa Rusia, dan dia sebelumnya mengatakan Rusia dapat mengakhiri partisipasinya dalam program ISS jika sanksi tidak dicabut.

AS dan mitra Baratnya telah mengancam sanksi lebih lanjut terhadap Rusia jika menyerang Ukraina, meskipun sifat pasti dari sanksi tersebut belum diketahui.

Rusia sebelumnya mengatakan bahwa kelelahan struktural berarti ISS tidak akan mampu bekerja lebih dari tahun 2030, dan memperingatkan bahwa peralatan usang dapat menyebabkan kegagalan yang "tidak dapat diperbaiki". (bbc/dd)