Transjakarta Tambah 155 Armada

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-PT Transjakarta menambah 155 armadanya mulai Senin (3/8) seiring dengan pemberlakuan kembali sistem ganjil genap di beberapa ruas jalan ibu kota. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, penambahan armada dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yaitu 50 persen dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte-halte pada jam-jam di mana sistem ganjil genap diterapkan yakni pukul 06.00 - 10.00 dan 16.00 - 21.00.

"Keseluruhan armada tersebut akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan ganjil genap," ujar Nadia, Senin (3/8). 

Sepuluh koridor Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dengan gage dan penambahan armada sebanyak 25 persen difokuskan di dalam koridor-koridor di bawah ini: 

Koridor 1 Blok M - Kota 

Koridor 2 Pulogadung 1 - Harmoni 

Koridor 3 Kalideres – Pasar Baru 

Koridor 4 Pulogadung 2 - Tosari 

Koridor 5 Kampung Melayu - Ancol 

Koridor 6 Ragunan – Tosari 

Koridor 7 Kampung Rambutan – Kampung Melayu 

Koridor 8 Lebak Bulus - Harmoni 

Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit 

Koridor 10 PGC 2 – Tanjung Priok 

Selain itu, PT Transjakarta juga telah melakukan pengoperasian kembali tiga rute non koridor untuk melayani lima Rusun mulai tanggal 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi yaitu: 

1. L2 Pulogadung – Harmoni Via Pramuka 

2. 10D Kampung Rambutan – Tanjung Priok 

3. 2F Rusun Cakung Barat - Pulogadung 

4. 3A Rusun Pesakih - Kalideres 

5. 11B Rusun Rawabebek - Penggilingan 

6. 11C Rusun Pinus Elok – Rusun Pulo Gebang 

7. 11K Rusun Komarudin - Penggililngan. (p/ab)