Usia 40 Tahun, Kekayaan Mencapai Rp526 T Berkat Bisnis Online

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Namanya Colin Zheng Huang. Ia baru berusia 40 tahun dengan kekayaan ditaksir oleh Forbes mencapai USD 35,6 miliar atau Rp526,8 triliun berkat  platform diskon online Pinduoduo sejak 2015. 

Pendiri Pinduoduo, Huang merupakan mantan Googler yang memiliki gelar master dalam ilmu komputer dari University of Wisconsin di Madison. Ia sempat magang di Microsoft sebagai mahasiswa, tetapi memutuskan untuk mengambil kesempatan di Google setelah lulus pada tahun 2004.

Ditengah pandemi Covid-19, saham Pinduoduo  meroket.  Perusahaan ini terkenal karena memelopori e-commerce di China: Pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih rendah jika mereka dapat menemukan orang lain yang akan membeli barang dengan mereka sebagai kelompok. 

Model ini menjadi hit hingga menarik 100 juta pengguna aktif bulanan ke platformnya di tahun pertamanya. Berdasarkan laporan pendapatan perusahaan, pembeli aktif dalam 12 bulan yang berakhir 31 Maret 2020 naik menjadi 628 juta orang, dari 443 juta orang tahun lalu. Rata-rata pengeluaran per pembeli juga meningkat 47% menjadi USD 260. 

"COVID-19 telah mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain. Ini telah menekan perubahan perilaku selama bertahun-tahun dan mempercepat adopsi perdagangan online pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Huang. (r/ab)