Wapres JK Minta Seleksi Guru Diperketat

By Admin


nusakini.com - Seleksi untuk penerimaan guru harusnya lebih ketat dibandingkan seleksi pegawai negeri sipil (PNS) lainnya. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas yang lebih berat.

Hal ini disampaikan Wapres Jusuf Kalla (JK) saat memberi kata sambutan pada seminar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Jakarta, Jumat (27/5/2016)

"Guru itu tugasnya mencerdaskan bangsa, maka guru harus lebih cerdas dari siswa. Oleh karena itu, ujian guru harus lebih ketat dibandingkan lainnya," ujar Wapres JK 

Wapres menambahkan karena beratnya tugas, guru honorer tidak bisa langsung diangkat menjadi guru PNS. Harus melalui pola seleksi.

"Demi mutu pendidikan, kita tidak bisa langsung angkat guru honorer sebagai PNS. Kalau langsung diangkat, nanti pemda merekrut banyak guru honorer dan kemudian mengangkatnya  Menurut JK, guru bukan seperti halnya Satpol PP yang tugasnya lebih banyak melakukan penertiban. "Guru bukan seperti Satpol PP yang asal tegak saja. Tapi mencerdaskan bangsaā€¯, ujar Wapres 

JK juga menambahkan guru harus terus belajar dan tidak puas dengan ilmu yang sudah ada pada dirinya. Permasalahan guru, lanjut dia, bukan terletak pada jumlah guru tapi sistem penyaluran yang tidak merata, menumpuk di perkotaan. 

"Kami sedang memikirkan distribusi guru itu bisa lintas provinsi. Sehingga kami bisa lebih mudah menyelesaikan permasalahan guru," pungkasnya..(mk)