Wapres Jusuf Kalla Harap Pembangunan UIII Selesai 2021

By Abdi Satria


nusakini.com-Depok-Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini meninjau progres pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Cisalak, Jawa Barat. Kehadiran Wapres disambut Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin yang didampingi Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam M. Arskal Salim GP. 

Ikut bersama Wapres, para duta besar negara-negara sahabat yang juga menyempatkan diri berkeliling area pembangunan kampus hingga asrama calon mahasiswa UIII. Wapres menilai banyak kemajuan dari proyek pembangunan UIII. Wapres optimis pembangunan rampung pada 2021 mendatang. 

"Sudah banyak kemajuan, kami harapkan 2021 semua bisa selesai," ujar Jusuf Kalla di Depok, Selasa (15/10). 

Wapres Jusuf Kalla berharap UIII mewakili eksistensi Indonesia di dunia sebagai negara muslim terbesar, sehingga pelajar-pelajar muslim dunia dapat belajar tentang Islam ke Indonesia. "Kita negara muslim terbesar, selalu belajar keluar. Mestinya orang belajar ke Indonesia. Kita akan membuat pusat belajar paham Islam yang moderat, pikiran-pikiran yang jernih tentang Islam," tutur Wapres. 

Di hadapan Wapres Jusuf Kalla dan duta besar negara-negara sahabat, Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin memaparkan mandat berdirinya UIII, visi dan misi, hingga fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus yang nantinya akan menampung 7.000 pelajar tersebut, mulai dari Magister Program, Doctorate Program hingga Approximate Lecturer. 

"UIII didirikan di bawah mandat Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016, untuk menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam studi Islam, Ekonomi dan Keuangan Islam, Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Pengetahuan dan Seni Terapan hingga Seni Rupa," papar Kamaruddin Amin. 

UIII diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang memiliki keahlian di bidang studi Islam dan Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui pendekatan multi-disiplin sehingga mampu menjadi pusat studi, pelestarian dan pengembangan peradaban Islam. "UIII nantinya akan menjadi pusat strategis untuk studi Islam dan masyarakat dunia muslim, untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi dan menginspirasi, membentuk dan menyebarkan pemikiran dan pengetahuan tentang dunia Islam," terang Kamaruddin Amin. 

Selain menjadi kompleks pendidikan, di kawasan berdirinya UIII nantinya juga dibangun Museum Rasulullah yang terselenggara atas kerjasama dengan Rabithah Alam Islami.  

Turut hadir dalam kunjungan Wapres tersebut, Rektor UIII Komaruddin Hidayat, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menrsitekdikti), Mohamad Nasir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, Walikota Depok Mohammad Idris, perwakilan Pemprov Jawa Barat, serta duta besar dari negara-negara sahabat.(p/ab)