nusakini.com - Internasional - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang mengadakan forum terbuka untuk mengganti nama penyakit cacar monyet (monkeypox), setelah beberapa kritikus menyuarakan kekhawatiran bahwa nama itu bisa menghina atau memiliki konotasi rasis.

Dalam sebuah pernyataan Jumat (12/8), badan kesehatan PBB mengatakan mereka juga telah mengganti nama dua keluarga, atau clades, dari virus, menggunakan angka Romawi alih-alih wilayah geografis, untuk menghindari stigmatisasi. Versi penyakit yang sebelumnya dikenal sebagai Cekungan Kongo sekarang akan dikenal sebagai Clade satu atau I dan clade Afrika Barat akan dikenal sebagai Clade dua atau II.

WHO mengatakan keputusan itu dibuat setelah pertemuan para ilmuwan minggu ini dan sejalan dengan praktik terbaik saat ini untuk penamaan penyakit, yang bertujuan untuk ''menghindari menyebabkan pelanggaran terhadap kelompok budaya, sosial, nasional, regional, profesional, atau etnis, dan meminimalkan dampak negatif pada perdagangan, perjalanan, pariwisata atau kesejahteraan hewan.''

Banyak penyakit lain, termasuk ensefalitis Jepang, virus Marburg, influenza Spanyol, dan Sindrom Pernafasan Timur Tengah diberi nama berdasarkan wilayah geografis tempat penyakit itu pertama kali muncul atau diidentifikasi. WHO belum secara terbuka menyarankan untuk mengubah nama-nama itu.

Monkeypox pertama kali dinamai pada tahun 1958 ketika monyet penelitian di Denmark diamati memiliki penyakit "seperti cacar", meskipun mereka tidak dianggap sebagai reservoir hewan.

WHO mengatakan pihaknya juga membuka jalan bagi publik untuk menyarankan nama baru untuk cacar monyet, tetapi tidak mengatakan kapan nama baru akan diumumkan.

Sampai saat ini, ada lebih dari 31.000 kasus cacar monyet yang diidentifikasi secara global sejak Mei, dengan mayoritas di luar Afrika. Cacar monyet telah menjadi endemik di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade dan tidak diketahui memicu wabah besar di luar benua itu hingga Mei.

WHO menyatakan penyebaran global cacar monyet sebagai keadaan darurat internasional pada bulan Juli dan AS menyatakan epideminya sendiri sebagai keadaan darurat nasional awal bulan ini.

Di luar Afrika, 98 persen kasus terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Dengan hanya pasokan vaksin global yang terbatas, pihak berwenang berlomba untuk menghentikan cacar monyet sebelum menjadi penyakit baru. (AP/dd)