nusakini.com - Jakarta - Para pengguna aplikasi WhatsApp bisa dipastikan sangat akrab dengan grup WhatsApp atau lazim disingkat WAG. Menjamurnya WAG bisa memberi banyak manfaat karena di ruang ini, kita bisa bercakap dan berbagi banyak informasi dengan teman-teman yang memiliki hobi sama atau menjadi wadah berkumpulnya teman-teman sekolah, kuliah, kerja dan lain-lain. 

Namun terkadang, karena satu dan lain hal, WAG ingin ditinggal keluar oleh user walau untuk melakukannya tak semudah yang dikira lantaran meninggalkan jejak. Kini, WhatsApp telah punya solusinya.

Selama ini, meninggalkan WAG selalu meninggalkan notifikasi yang bisa dibaca oleh seluruh anggota grup. Maka sering timbul perasaan tidak enak jika ingin melakukannya. Apalagi jika antara anggota WAG telah saling mengenal.

Padahal alasan meninggalkan suatu grup seringkali tidak ada kaitannya dengan urusan personal, melainkan faktor lain seperti sudah terlalu banyak mengikuti grup, memori ponsel kewalahan, merasa tidak mendapat manfaat dan lain sebagainya.

Dengan demikian, fitur yang dapat meninggalkan grup WhatsApp tanpa ketahuan menjadi idaman sejak lama. Rupanya, pihak WhatsApp mendengarkan keinginan itu dan akhirnya mengabulkannya. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan trik tertentu, cukup memakai fitur langsung yang ada di WhatsApp.

Fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dalam keterangan resminya, Zuckerberg mengatakan fitur ini diluncurkan untuk meningkatkan privasi pengguna dan memberikan lebih banyak kontrol atas percakapan mereka.

"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari WAG tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata Zuckerberg dikutip dari SmartCityMakassar.com. 

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp bisa keluar dari grup secara diam-diam tanpa diketahui anggota lainnya. Notifikasi bahwa ada pengguna yang meninggalkan grup hanya akan bisa dilihat oleh admin grup.

Saat pengguna akan meninggalkan grup, WhatsApp akan menampilkan pesan pop-up yang menyatakan bahwa 'Hanya admin grup yang akan diberi tahu bahwa Anda keluar dari grup'

Fitur meninggalkan WAG tanpa notifikasi itu baru akan diluncurkan dalam waktu dekat, yaitu pada bulan Agustus ini secara bertahap dan saat ini tampaknya belum tersedia sehingga belum dapat dicoba. Tapi banyak pengguna WhatsApp tentu menyambutnya dengan gembira. (*)