WhatsApp akan Berhenti Tunjukkan Status Online Pengguna

By Nad

nusakini.com - Internasional - WhatsApp mengumumkan beberapa pembaruan privasi baru pada hari Selasa (9/8), termasuk kemampuan bagi pengguna untuk memeriksa pesan mereka tanpa diketahui orang lain.

Platform tersebut akan segera memungkinkan orang untuk mengontrol siapa yang dapat melihat saat mereka online, mencegah orang lain mengambil tangkapan layar dari pesan tertentu, dan meninggalkan grup tanpa memberi tahu seluruh saluran.

WhatsApp memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, dan dimiliki oleh induk Facebook (FB) Meta. Mengumumkan perubahan di Facebook dan Instagram, CEO Mark Zuckerberg mengatakan perusahaan akan "terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman seperti percakapan tatap muka."

WhatsApp telah lama menggembar-gemborkan penggunaan enkripsi ujung ke ujung, yang berarti hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat melihat isinya. Dan seperti platform perpesanan pribadi lainnya, itu sudah memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang hilang setelah periode waktu yang ditentukan.

Namun, tahun lalu, WhatsApp sangat dikritik setelah pembaruan persyaratan layanannya.

Pada saat itu, banyak pengguna menyatakan keprihatinan tentang bagian dari kebijakan privasi WhatsApp yang merinci apa yang dibagikan dengan perusahaan induk Facebook, yang memiliki reputasi bermasalah dalam hal melindungi data pengguna.

Pembaruan tersebut membuat beberapa orang berbondong-bondong pindah ke Signal, platform pesan terenkripsi populer lainnya.

Facebook mencoba menghilangkan kebingungan atas kebijakan tersebut, dengan mengatakan bahwa praktik berbagi datanya bukanlah hal baru dan tidak "berdampak pada cara orang berkomunikasi secara pribadi dengan teman atau keluarga."

Sekarang, dua fitur baru yang diperkenalkan di WhatsApp — yang memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat melihat saat mereka aktif, dan meninggalkan grup secara diam-diam — akan mulai diluncurkan ke semua pengguna WhatsApp bulan ini.

Alat pemblokir tangkapan layar, yang akan tersedia pada pesan yang dimaksudkan untuk dilihat hanya sekali, masih diuji dan akan tersedia nanti, menurut WhatsApp. (cnn/dd)