Nilai Pasar Meta Terus Turun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Meta Platforms, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, baru saja mengalami hari perdagangan terburuk dalam sejarahnya sebagai perusahaan publik.

Saham perusahaan ditutup turun lebih dari 26% pada hari Kamis (3/2), memangkas hampir $240 miliar dari nilai pasarnya, setelah laporan pendapatan kasar dirilis setelah jam perdagangan pada hari Rabu (2/2).

Meta (FB) tidak hanya melaporkan penurunan laba yang jarang terjadi dan lebih buruk dari perkiraan selama tiga bulan terakhir tahun lalu, tetapi juga memaparkan serangkaian tantangan terhadap bisnis periklanan intinya dan mengungkapkan untuk pertama kalinya berapa banyak uang yang hilang dalam pergeserannya ke metaverse. Perusahaan juga melaporkan sedikit penurunan yang mencolok pada pengguna Facebook aktif harian di Amerika Serikat dan Kanada dari kuartal sebelumnya.

Penurunan nilai yang mencolok adalah pengingat betapa besar sebenarnya raksasa teknologi itu. Kapitalisasi pasar Meta kini telah menurun dengan jumlah yang lebih besar dari total penilaian sebagian besar perusahaan publik.

Nilai pasar Meta yang hilang lebih dari total kapitalisasi pasar perusahaan seperti Oracle dan Cisco dan hampir sama dengan nilai total Disney. Terus terang, Meta baru saja melihat penurunan nilai pasarnya lebih dari nilai kebanyakan perusahaan publik.

Ini juga merupakan hari yang berat bagi CEO Meta, Mark Zuckerberg, yang sejauh ini merupakan pemegang saham individu terbesar perusahaan. Zuckerberg memiliki lebih dari 398 juta saham Meta, atau 14,2% dari total saham beredar perusahaan, menurut pengarsipan SEC dari Februari 2021, pengarsipan terbaru yang tersedia.

Ketika harga saham Meta anjlok pada Kamis, nilai saham Zuckerberg di perusahaan itu turun lebih dari $30 miliar. (cnn/dd)