Kemenhub RI Ikut Saksikan Peluncuran Dua Kapal Roro di Lutim

By Abdi Satria


nusakini.com-Lutim-Sekretaris Dirjen Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Imran Rasyid, ikut menyaksikan peluncuran kapal Roro yang dibuat khusus oleh Kementerian Perhubungan RI untuk masyarakat di sekitar Danau Matano maupun Towuti, Kabupaten Luwu Timur. 

Kedua kapal dengan bobot 200GT ini sudah disediakan juga pengelola maupun dermaganya untuk mempermudah transportasi bagi masyarakat umum maupun wisatawan. 

"Dermaganya sudah dibangun, sudah siap beroperasi. Operatornya juga sudah siap bahkan tadi kita sarankan sebaiknya orang lokal yang mengoperasikan," ungkap Imran, Rabu, 21 Oktober 2020. 

Laki-laki kelahiran Kabupaten Takalar ini mengaku, karena sinergi dan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten, menjadi alasan utama keberhasilan pembuatan kapal motor penyebrangan senilai Rp 65 miliar tersebut. 

"Jadi ada dua kapal. Betul kata Pak Gubernur, ini bentuk perhatian pemerintah," ujarnya.

Keberhasilan pembuatan kapal ini juga berkat dukungan dan dorongan dari Gubernur Sulsel. Menurut dia, pihaknya hanya mendukung dari segi teknis saja dalam hal pembuatan kapal ini. 

"Ini membawa berkah, karena dukungan Pak Gubernur dan Pemda disini yang memberikan kemudahan segala proses, sehingga kami dari segi teknis dari Jakarta berjalan lancar," urainya. 

Sementara itu, Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, mengaku, masyarakat Luwu Timur tahun ini betul-betul mendapatkan berkah baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Pasalnya, bantuan terus mengalir mulai dari bantuan keuangan daerah bawahan, dua unit ambulans laut, serta dua unit Kapal Motor Penyebrangan (KPM) khusus di Danau Matano dan Towuti.  

"Alhamdulillah berkah berkali-kali kita dapatkan. Mulai dari ambulans laut, bus sekolah, kapal penyeberangan, dan bantuan keuangan untuk infrastruktur jalan dan penanganan stunting," tutupnya. (rah)