LUWU — Kolonel Inf (Purn) Agus Salim SH merupakan sosok yang dikenal sangat low profile serta punya jiwa kepemimpinan yang bersinar. Ini tidak mengherankan karena dia lahir dari keluarga dengan tradisi kepeminpinan yang kuat. Ayahnya bernama Drs. H. Muh. Fachruddin merupakan sosok yang dikenal tangguh dan sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Desa Padang subur Kecamatan Bupon yang sekarang disebut Kelurahan Padang Subur Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu Sulsel tempat kediaman keluarga besarnya sampai sekarang. 

Lahir dari Tradisi Kepemimpinan yang Tangguh

Keseharian ayahnya adalah PNS Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Bupon yang sekarang dikenal dengan Kementerian Agama. 

Setelah pensuin diangkat menjadi Kepala Desa Buntu Batu Kecamatan Bupon periode 1989-1994 selama 5 tahun menjabat, masyarakat Desa Buntu Batu masih terus memberikan kepercayaan kepada Drs. H. Muh. Fachruddin (Alm) untuk memimpin desa tersebut. 

Dalam memimpin desa saat itu, ia banyak membawa perubahan menuju arah lebih baik sehingga banyak desa dari berbagai daerah yang melakukan studi banding di Desa Buntu Batu.

Selain mengemban sebagai Kepala Desa, almarhum merupakan salah satu kepala keluarga yang sibuk dalam melaksanakan pekerjaannya. Selepas pagi hari melaksanakan pekerjaan di Kantor Desa, sore harinya harus pergi ke ladang untuk menggarap sawah dan kebun yang dimilikinya.

Tidak hanya itu disela-sela kesibukannya sebagai tokoh masyarakat, almarhum juga  bertindak sebagai tokoh agama dengan kegiatan rutinitas melaksanakan ceramah agama ataupun khutbah di masjid-masjid wilayah Kec. Bupon. 

Dengan kepribadiannya yang ramah, suka menolong, rendah hati dan ringan tangan serta dekat dengan warga inilah yang membuat masyarakat di Kec. Bupan  sangat menyukainya baik dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia.

Sang Ibu yang dengan Jiwa Empati Kuat 

Istri dari Drs. H. Muh. Fachruddin (Alm) yang bernama Hj. Napi ini dikaruniai 7 orang anak. 

Peran sebagai ibu dari anak-anak sangat menentukan keberhasilan dari keluarga yang mereka miliki. Ia bisa mengatur waktu dengan baik dan tetap melaksanakan kewajibannya dirumah sebagai istri dan ibu untuk anak-anaknya. Diwaktu luang, ia tidak segan untuk menemani suaminya berkebun di ladang.

Sebagai orang tua yang memiliki karakter merakyat dan menjadi panutan dalam keluarga, tentunya memegang tanggung jawab besar untuk keberhasilan anak-anak mereka. 

Sebagaimana sejak kecil, putra dan putrinya diajarkan pendidikan karakter oleh orang tuanya, diantaranya tanggung jawab, kedisiplinan, kemandirian, hormat dan santun serta suka menolong dan bekerja keras. 

Tidak hanya itu, mantan Pegawai Kantor Agama ini juga menanamkan kepada anak-anak mereka tentang arti penting dari pendidikan dan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dari sekolah. 

Selain itu nilai-nilai agama dan moral, terutama nilai kejujuran perlu ditanamkan kepada anaknya sejak dini sebagai bekal dan benteng untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di masa yang akan datang.

Prajurit dengan Segudang Prestasi

Alhasil, putra kedua dari pasangan Drs. H. Muh. Fachruddin (Alm) dan Hj. Napi ini berhasil menjadi seorang prajurit TNI yang sekarang mengemban jabatan sebagai Kababinminvetcaddam XIV/Hasanuddin dengan pangkat Kolonel. 

Dia adalah Agussalim, S.H, memiliki sifat dan karakter yang tidak jauh berbeda dengan orang tuanya, sebagaimana beliau mendidik 3 orang anaknya persis seperti yang diajarkan oleh orang tuanya dulu, penuh kasih sayang, saling membantu, saling menerima, dan berkembang menjadi orang yang mudah bergaul dengan orang lain serta mudah menerima maupun mudah bekerja sama dengan orang lain.

Memiliki karakter jujur, tekun bekerja, dan menghargai perbedaan yang ada, bergaul baik dan mudah menerima perbedaan menjadi sifat karakter Kolonel Inf Agussalim, S.H yang tidak dimiliki semua orang. 

Berjuang Demi Rakyat Luwu 

Berbekal kepemimpinan, pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya tentunya layak untuk melanjutkan perjuangan orang tuanya dahulu untuk mengabdi kepada masyarakat dalam memimpin Kabupaten Luwu. 

Bagi Agus Salim, selama ini Kabupaten Luwu merupakan wlayah yang demikian melimpah dengan sumber daya alam mulai dari nikel, emas serta sumber hasil bumi yang lain. 

“Inilah kekuatan dahsyat kita. Dan bila dikelola dengan baik maka akan mampu menyejahterahkan seluruh rakyat Luwu”, ujarnya. 

Dia menambahkan bila kepemimpinan yang telah berjalan selama ini telah cukup baik dan sudah on the track. “Keberlanjutan pembangunan dengan fokus pada pemerataan dan ketegasan memihak pada rakyat yang termarjinalkan harus dipacu maksimal,” tambahnya. 

Di samping itu, peningkatan sumberdaya manusia (SDM) khususnya warga lokal harus jadi prioritas utama. 

“Ini bisa kita lakukan dengan menjalin kenjasama dengan perguruan tinggi di Makassar dan luar Makassar untuk membantu memberi alih pengetahuan praktis kepada warga”, ujarnya. 

“Semua ini dilakukan dengan sinergi bersama yang titik tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat Luwu,” pungkasnya. (*)

BIO DATA: 


Nama : Kolonel Inf Purn. Agussalim, S.H.

Tempat, Tanggal Lahir : Padangsappa, 9 Sept 1969

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Gol Darah : BAlamat : Jln.Noling No.9, 000/000, Kelurahan Padangsubur, Kec.PonrangKab.Luwu

Agama : Islam

Tinggi Badan : 177 cmBerat Badan : 75 Kg

Pekerjaan : Pensiunan TNI AD

Status : Kawin

Kewarganegaraan : WNI

No. Handphone 08114100855

Email : asalim6996@gmail.com


PENDIDIKAN UMUM

Sekolah Dasar : SDN No.231 Padangassompereng (1976-1982)

SMP : SMPN 1 Padangsappa (1982-1985)

SMA : SMA Guppi Padangsappa (1985-1988)

Perguruan Tinggi : Universitas Muslim Indonesia/UMI (1988-1992)


PENDIDIKAN MILITER

SEPA PK (1995/1996)

 Dasar Kecabangan Infanteri (1996/1997)

Combat Intelpur (1997)

Dasar Para (1997)

Dasar Perwira Intelijen (1999)

Kursus Tarlitpers(2001)

Sekolah Lanjutan Perwira/Selapa (2007)

Kursus DIRAC (2014)

Susjemen Kemhan (Pembangunan Karakter Bangsa) (2015)

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat/SESKOAD (2020)


JABATAN MILITER

Danton KI C Yonif 721/Mks Rem 142/Tatag (1997)

Danton Bant KI A Yonif 721/Mks Rem 142/Tatag (1998)

Kaurprees Sipendia Preska Pendam VII/Wrb (1999)

Kaurtor Sipendia RTF Pendam VII/Wrb (2001)

Pasi Intel DIM 1408/BS Dam VII/Wrb (2003)

Kaprikopad Deninteldam VII/Wrb (2005) 

Dan Bki-B Deninteldam VII/Wrb (2006)

Kasi Anev Begusstraum Subdislissainfo Dispenad (2007)

Pabanda Gal Sinteldam VII/Wrb (2008) 

Pabung Wil Kab. Mamuju Utrara DIM 1418/Mamuju DAM VII/Wrb (2011)

Kasdim 1418/Mamuju DAM VII/Wrb (2013) Pabandal Wanwil Sisterdam VII/Wrb (2014)

Pabanda Gal Sinteldam VII/Wrb (2015)

Pabandya Puanter Sterdam VII/Wrb (2017)

Pabandya Puanter Sterdam XIV/Hsn (2017)

Kasdim 1418/Mamuju REM 142/Tatag DAM XIV/Hsn (2019)

Kabagbingsat Subdisbinfung Dispenad (2020)

Kababinminvetcaddam XIV/Hsn (2022)

Kasilog Kasrem 141/TP Kodam XIV/Hsn (2023)

TANDA KEHORMATAN

 Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun

Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun

Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun

Bintang Kartika Eka Pakci Nararya


DATA KELUARGA

Istri : Darmawati, S.H.o 

Pekerjaan : Jaksa Fungsional Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan

Anak : - Devy Ariyanti Agus, S.H.- Ulfa Ariyanti Agus- Muh. Imam Putra Agus

Nama Ayah : Alm. Drs. H. M. Fachruddin

Nama Ibu : Hj. Napi