MAGELANG – PSIS Semarang akan menjamu RANS Nusantara FC pada laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin malam nanti. Catatan tak menyenangkan pada lima laga terakhir membuat skuat Mahesa Jenar bertekad untuk kembali ke jalur kemenangan.

Dari statistik yang ada, PSIS dari lima laga terakhir hanya mencatat 1 kali menang, 1 kali imbang dan 3 kali kalah dimana 4 laga terakhir dilalui tanpa kemenangan. Untuk urusan mencetak gol, PSIS mencatat 3 kali memasukkan dan 8 kali kebobolan.

Sebuah perkerjaan rumah yang tak mudah tentunya bagi pelatih PSIS, Gilbert Agius untuk dapat mengembalikan performa anak asuhnya.  

Saat ini PSIS mengoleksi 47 poin dan ada di peringkat ke-6. Tertinggal 6 poin dari Madura United FC yang ada di peringkat ke-4 dengan koleksi 55 poin. Harus diakui peluang PSIS untuk kembali menembus 4 besar masih terbuka meski sudah menipis.

Dan menghadapi RANS Nusantara, Gilbert Agius menuturkan timnya sudah siap untuk memberikan hasil terbaiknya. 

“Kita sudah menganalisa performa PSIS dalam 5 laga terakhir yang tidak bagus. Kami harus ada perbaikan dan lakukan lebih dari laga sebelumnya. Kita harus lebih fokus lagi untuk mendapatkan 3 poin,” ucap Gilbert Agius.

Mengenai kekuatan sang lawan, pelatih asal Malta itu menyebut cukup mirip dengan kondisi yang ada di PSIS.  

“RANS adalah tim yang seperti halnya PSIS. Beberapa laga terakhir mereka tampil tidak cukup bagus. Cukup sulit untuk kembalikan performa lagi. Tapi pasti mereka juga akan kerja keras untuk finis lebih baik,” kata pelatih berlisensi UEFA Pro itu menambahkan. 

Dan meski di laga putaran pertama lalu PSIS harus takluk dari RANS Nusantara, namun Gilbert Agius memastikan timnya tetap optimistis dan juga ekstra waspada. 

“Putaran pertama lalu RANS memang mampu menang dengan skor 2-1 dari PSIS. RANS punya banyak pemain bagus. Kami harus hati-hati,” dia menegaskan.

Kesiapan juga ditegaskan pemain asing PSIS, Taisei Marukawa. “Kami sudah lakukan persiapan melawan tim yang tak mudah dihadapi. Namun kami bermain home dan berharap dapat menembus posisi 4 besar. Kami harus fokus penuh lawan RANS,” ucap Taisei Marukawa. (lib)