QATAR - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menyatakan keberhasilan lolos ke perempat-final baru separuh jalan dari tujuan utama mereka di Piala Asia U-23 2024.

Tae-yong sebelumnya telah menyampaikan ambisinya meloloskan timnas U-23 ke Olimpiade 2024 di Paris. Untuk mendapatkan tiket otomatis ke Paris, setidaknya Garuda Muda harus masuk ke tiga besar turnamen ini.

Sedangkan jika berhasil menembus semi-final, timnas U-23 akan berhadapan dengan peringkat empat Piala Afrika U-23, Guinea, pada Mei mendatang.

Calon lawan timnas U-23 di perempat-final adalah pemuncak Grup B. Korea Selatan saat ini memuncaki klasemen sementara dengan enam poin. Koleksi angka mereka sama dengan Jepang yang berada di posisi kedua dengan nilai sama. Pemuncak klasemen akan ditentukan dari duel Jepang versus Korsel, Senin (22/4) malam WIB.

“Di turnamen ini kami baru mencapai 50 persen dari apa yang saya targetkan. Saya belum tahu siapa yang akan kami hadapi di perempat-final, antara Korea dan Jepang. Tapi saya akan melihat pertandingan mereka besok, dan mempersiapkan tim dengan baik berdasarkan laga itu,” tutur Tae-yong setelah pertandingan.

Kendati Korsel memuncaki klasemen, Tae-yong cenderung membahas kekuatan Jepang dibandingkan tim dari negaranya. Menurut pelatih berusia 53 tahun ini, duel melawan Jepang tidak akan berlangsung dengan mudah.

“Sejauh yang saya ketahui, sepakbola Jepang banyak mengandalkan kecepatan, dan pemain dengan kualitas bagus. Mereka akan menjadi lawan yang berat buat kami, tapi kami tidak akan menyerah. Kami punya waktu untuk melakukan persiapan,” kata Tae-yong.

“Saya tahu sepakbola Jepang sangat, sangat kompak. Kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk menjalani persiapan menghadapi laga nanti.” (gi)