Setelah 11 Tahun, AC Milan Raih Scudetto Serie A

By ommed


nusakini.com - Pertarungan sengit memperebutkan Scudetto Serie A musim 2021/22 mencapai puncaknya, dengan AC Milan sukses merekngkuh titel juara setelah melakoni partai terakhir pada Minggu (22/5) malam WIB.

Milan sukses memetik kemenangan telak 3-0 atas Sassuolo di Mapei Stadium, dan dengan hasil positif tersebut Rossoneri berhak mengangkat trofi yang mereka damba-dambakan sejak 11 tahun yang lalu.

Ini berarti Stefano Pioli berhasil mempersembahkan Scudetto pertama bagi Milan, yang terakhir kali memenangkannya pada musim 2010/11.


Milan, yang sejatinya cukup meraih hasil imbang untuk menyegel Scudetto, menatap laga ini dengan motivasi tinggi dan mengawali permainan dengan cemerlang.

Rossoneri membuka keunggulan pada menit ke-17 lewat tembakan kaki kiri striker gaek, Olivier Giroud, sebelum menggandakan skor pada menit ke-32 dengan memanfaatkan umpan silang Rafael Leao.

Leao kembali menjadi kreator gol Milan, kali ini yang ketiga. Empat menit setelah gol kedua Giroud, pemain sayap asal Portugal itu merebut bola dari lawan dan memberikan umpan akurat dari sisi kanan yang disambar dengan sempurna oleh Franck Kessie.


Milan merayakan kesuksesan mereka merengkuh Scudetto musim ini dengan merebutnya dari rival sekota, Inter Milan.

Inter memang wajib meraih kemenangan di pekan terakhir demi menjaga peluang mereka mempertahankan gelar juara tetap ada, sembari berharap Milan terpeleset di kandang Sassuolo.

Namun, skenario itu tidak terwujud. Nerazzurri memang mampu memetik kemenangan 3-0 saat menjamu Sampdoria di Giuseppe Meazza, hanya saja gol Ivan Perisic pada menit ke-49 dan sepasang gol Joaquin Correa pada menit ke-55 dan 57 tidak berarti apa-apa bagi mereka.

Dengan hasil ini, pasukan Simone Inzaghi harus puas menutup musim sebagai runner-up dengan koleksi 84 poin, hanya kalah dua angka dari Milan yang keluar sebagai juara.

Milan samai rekor Scudetto Inter

Keberhasilan Milan meraih Scudetto Serie A musim ini membuat koleksi gelar kasta tertinggi mereka menjadi 19 trofi.

Jumlah tersebut menyamai rekor perolehan milik Inter, yang juga sama-sama memenangkan 19 Scudetto setelah menjadi juara musim lalu.

Koleksi trofi liga domestik keduanya masih kalah jauh dari Juventus, yang telah memiliki 36 perisai Scudetto sejauh ini kendati harus mengakhiri musim ini tanpa trofi. (gi/om)