Ini Jenis Rumput yang Ditanam di Jakarta International Stadium

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan menggunakan rumput hybird untuk tiga lapangan di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penggunaan rumput hybird jenis Zoysia Matrella itu pun telah mengikuti standar Federasi Sepak Bola Internasiona atau FIFA. 

Corporate Communication and Commercial Proyek JIS, Arnold Kindangen mengatakan, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam pembangunan JIS. Salah satunya yakni penggunaan rumput untuk lapangan utama dan dua lapangan latihan JIS.

"Sesuai standar FIFA rumput yang cocok di wilayah Asia itu jenis Zoysia Matrella. Rumput jenis ini memiliki keunggulan antara lain percepatan pertumbuhannya, toleransi terhadap genangan air, toleransi terhadap penyakit, toleransi terhadap keasaman tanah, toleransi terhadap kekeringan serta ketahanan pemakaian," ujar Arnold, Jumat (28/8). 

Dikatakan Arnold, rumput Zoysia Matrella juga telah digunakan di beberapa stadion di Indonesia seperti di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi; Stadion Katalpal, Merauke; Stadion Utama Papua Bangkit, Jayapura; Stadion Jakabaring, Palembang dan Stadion Bumi Sriwijaya juga di kota Palembang. 

Ditambahkan Arnold, untuk komposisi rumput sintetis dengan rumput asli yakni lima persen rumput sintetis dan 95 persen rumput asli. 

"Untuk pemeliharaan rumput, kami juga akan mendatangkan burung gagang bayam (Himantopus leucocephalus) yang merupakan predator alami ulat atau serangga," tandasnya.(p/ab)