Pratama Arhan Sudah Dipantau Sejak Timnas Junior Oleh Suwon FC

By ommed


nusakini.com - Penggawa timnas Indonesia Pratama Arhan kini mempunyai kejelasan masa depan seteah dilepas klub J-League 2 FC Tokyo. Arhan sekarang memperkuat tim K League 1 Korea Selatan, Suwon FC.

Pengumuman perekrutan Arhan disampaikan manajemen melalui akun media sosial resmi klub, Selasa (16/1) sore WIB. Arhan didatangkan ke Suwon untuk mengisi kuota pemain Asia Tenggara.

Arhan juga menjadi legiun asing kedua yang direkrut Suwon untuk musim 2024 setelah sebelumnya memboyong pemain asal Chile, Josepablo Monreal. Suwon memang sedang membongkar tim di bawah asuhan pelatih anyar Kim Eun-jung yang menggantikan Kim Do-gyun yang mengundurkan diri pada bulan lalu.


“Perekrutan resmi. [Pemain] Timnas Indonesia Arhan [yang] kini bermain di Piala Asia sebagai skuad inti timnas Indonesia! Kami menyambut baik bergabungnya Arhan yang akan membela tim Suwon,” demikian pernyataan resmi klub melalui akun Instagram resmi mereka.

Di lain sisi, Eun-jung mengungkapkan alasannya memboyong Arhan di musim ini. Pelatih yang sukses membawa Korea Selatan ke semi-final Piala Dunia U-20 2023 itu mengaku sudah memantau Arhan sejak lama.


“Arhan adalah pemain yang sudah saya pantau sejak [dia] memperkuat tim nasional kelompok umur. Saya siap membantu tim untuk mengembangkan potensi pemain,” ucap Eun-jung.

Harapan tinggi juga disampaikan manajemen klub. Suwon berharap Arhan dapat memaksimalkan kelebihannya dalam melepaskan umpan silang dan lemparan ke dalam yang bisa menjadi opsi baru bagi tim dalam melakukan serangan.


“Arhan mempunyak kelebihan dalam melakukan umpan silang, menggiring bola, dan mengoper. Diaa juga memiliki kemampuan lemparan ke dalam dengan jarak jauh yang baik, sehingga akan memberikan opsi serangan baru dari sisi lapangan,” demikian pernyataan klub.

Suwon memperoleh hasil mengecewakan pada musim 2023. Mereka nyaris turun kasta setelah mengakhiri musim di posisi satu tangga lebih baik dari juru kunci Suwon Bluewings di play-off degradasi. (gi)