nusakini.com- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo rencananya pada Senin (30/1) ini  akan mengangkat Penjabat Gubernur Gorontalo, Papua Barat dan Banten di Aula Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta pada pukul 14.30 WIB. 

Saat ini, ketiga daerah tersebut masih dipegang oleh seorang pelaksana tugas (Plt) gubernur. Seperti di Provinsi Gorontalo dipimpin Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh dan Banten adalah Dirjen Bina Pemberdayaan Masyarakat Desa Nata Irawan. 

“Kepresnya sudah selesai. Beberapa Plt akan saya tingkatkan menjadi penjabat karena masa jabatan gubernur sudah habis,” kata Mendagri Tjahjo Minggu (29/1). 

Begitu juga dengan Papua Barat. Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo sempat dikatakan masuk dalam bursa calon penjabat Papua Barat. Ada tiga nama yang diusulkan ke Presiden RI Joko Widodo. Namun siapa yang akan diangkat, besok saat pelantikan baru akan diketahui. 

Terkait evaluasi para pelaksana tugas ini, kata Tjahjo mereka sudah bekerja dengan baik. Semua tidak ada yang dinilai melanggar aturan serta mekanisme yang ada. Selain melaporkan setiap kebijakannya di daerah kepada Mendagri, mereka juga selalu berkonsultasi dengan gubernur nonaktif dan DPRD.(p/ab)