Soal Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Mendagri: Itu yang Terbaik

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai nama-nama yang lolos seleksi sebagai calon anggota KPU dan Bawaslu adalah orang-orang terbaik. Apa yang telah dikerjakan tim seleksi (Timsel) dianggap sudan sangat rinci dan detail, bahkan tanpa intervensi. 

“Saya kira sudah maksimal kerja Timsel, karena rinci sekali seleksinya,” kata Mendagri Tjahjo di Kantor Kemendagri, Kamis (2/2). 

Sebelumnya, Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah mengantungi nama calon kedua lembaga tersebut. Sebanyak 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu telah diserahkan ke Presiden Joko Widodo kemarin. 

"Apa pun, nama-nama yang diserahkan kepada Bapak Presiden, itu yang terbaik. Kami tidak intervensi," ujar Mendagri. 

Dia optimistis timsel juga bekerja sangat profesional. Ia juga berharap DPR memiliki kesepahaman dengan pemerintah dengan prinsip kesinambungan di lembaga KPU dan Bawaslu periode 2017 – 2022. Maksud dia, jangan semua nanti nama yang terpilih ada orang-orang baru. 

“Setidaknya ada satu atau dua orang-orang lama. Memang tetap lewat proses evaluasi kinerja mereka dan meninjau laporan DKPP terlebih dahulu,” tambah dia. 

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah segera menyerahkan nama-nama calon Anggota KPU dan Bawaslu ke DPR. Dengan begitu, tak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan proses ini, karena juga sudah waktunya masuk ke legislatif. (p/ab)

Berikut nama-nama calon yang lolos. 

Calon Komisioner KPU:

1. Amus Atkana 

2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi 

3. Ilham Saputra 

4. Evi Novida Ginting Manik 

5. Fery Kurnia Rizkiyansyah 

6. Idha Budhiati 

7. Wahyu Setiawan 

8. Sri Budi Eko Wardani 

9. Pramono Ubaid Tanthowi 

10. Yessy Y Momongan 

11. Hasyim Asy'ari 

12. Arief Budiman 

13. Viryan 

14. Sigit Pamungkas 

Calon anggota Bawaslu:

1. Ratna Dewi Petalolo 

2. Mohammad Najib 

3. Abhan 

4. Sri Wahyu Araningsih

5. Fritz Edward Siregar 

6. Syafrida Rachmawati Rasahan 

7. Mochammad Afifudin 

8. Herwyn Jefier Hielsa Malonda 

9. Abdullah 

10. Rahmat Bagja